Mazda CX-5 Terbaru Resmi Diperkenalkan, Mulai Dijual Tahun Depan

Mazda CX-5 Terbaru Resmi Diperkenalkan, Mulai Dijual Tahun Depan

1170
0
BERBAGI
Mazda CX-5 2017 yang baru saja meluncur di LA Auto Show (Foto: Netcarshow)

Mazda baru saja memperkenalkan generasi kedua dari CX-5 di Los Angeles Auto Show. Mobil yang menjadi lawan bagi kendaraan macam Honda CR-V maupun Nissan X-Trail ini tampil dengan desain layaknya Mazda CX-9, namun dalam dimensi yang lebih kecil.

Sejumlah ubahan diberikan untuk baby CX-9 ini, mulai dari sisi eksterior, interior, maupun fitur-fitu yang melengkapinya. Sayangnya, Mazda mengubur dalam-dalam impian loyalisnya dengan tidak menghadirkan mesin SkyActiv Turbo pada All New CX-5. Lantas, mesin apa yang menjadi jantung pacunya?

Masih Setia pada Mesin Lama

Jika CX-9 sudah mencicipi mesin SkyActiv Turbo, maka lain ceritanya dengan CX-5 terbaru yang justru memilih untuk mengandalkan mesin lama SkyActiv-G 2.000 cc dan 2.500 cc bensin direct injection serta mesin diesel SkyActiv-D 2.200 cc. Agak disayangkan juga sebenarnya, mengingat kompetitor di kelasnya macam All New Honda CR-V telah mencoba untuk memasangkan mesin dengan sokongan turbo. Selain itu, pilihan transmisinyapun tak berubah, otomatis atau manual 6 percepatan dengan sport mode.

Jangan mengharapkan kehadiran mesin turbo, karena CX-5 terbaru masih setia pada mesin-mesin lamanya (Foto: Netcarshow)
Jangan mengharapkan kehadiran mesin turbo, karena CX-5 terbaru masih setia pada mesin-mesin lamanya (Foto: Netcarshow)

Terkait mesin yang masih sama ini, Mazda masih enggan berkomentar lebih jauh. Pihaknya tak memberi keterangan mengenai peningkatan apa saja yang diberikan Mazda pada mesin lawas tersebut, baik dari efisiensi BBM maupun performanya. Meski begitu, Mazda mengungkapkan bahwa ada peningkatan handling yang signifikan pada mobil ini. Ya… walaupun boleh dibilang peningkatan handling tersebut lebih karena peran G-Vectoring Control yang mampu mendistribusikan torsi ke roda dengan jumlah tertentu.

Eksterior yang Lebih Sporty dan Interior yang Mengadopsi CX-9

Harus diakui, Mazda CX-5 terbaru mempunyai desain yang lebih sporty daripada pendahulunya. Selain mempertahankan filosofi Kodo, mobil ini kini memiliki dimensi yang lebih tinggi sekitar 20 mm dengan sejumlah penyegaran eksterior macam lampu yang dibuat menyipit, grille dan velg baru. Fitur sunroof maupun knalpot ganda masih dipertahankan.

Mobil berjuluk baby CX-9 ini mengadopsi banyak hal dari CX-9 dalam interior kabinnya (Foto: Netcarshow)
Mobil berjuluk baby CX-9 ini mengadopsi banyak hal dari CX-9 dalam interior kabinnya (Foto: Netcarshow)

Lalu bagaimana dengan interiornya? Mirip dengan Mazda CX-9! Bukan hal aneh memang, karena berbagi interior memang lumrah dilakukan. Mulai dari lingkar kemudi, panel instrumen, tuas transmisi, Active Driving Display hingga desain dashboard mirip dengan Mazda CX-9. Setidaknya melalui desain dashboard ini, kabin jadi lebih terasa ergonomis. Mazda memberikan 3 pilihan interior pada mobil ini, yakni putih, hitam (dengan material kulit) atau hitam (dengan material fabric).

Mulai Dijual Tahun Depan

Mazda CX-5 akan melanjutkan tour perkenalannya di Jepang segera setelah selesai mengikuti ajang Los Angeles Auto Show. Mobil ini rencananya akan mulai dijual pada tahun 2017 mendatang. Masih belum diketahui kemungkinan masuknya ke Indonesia, namun setidaknya bolehlah kita berharap lebih, apalagi Eurokars Grouplah yang akan memegang penjualan mobil Mazda di Indonesia tahun depan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY