Wow! MINI Countryman akan Ikut Reli Dakar 2017!

Wow! MINI Countryman akan Ikut Reli Dakar 2017!

405
0
BERBAGI
(foto : autoblog)

Sejak jaman Mr. Bean hingga saat ini, mobil Mini, atau yang lebih dikenal orang dengan nama Mini Cooper sudah dianggap sebagai mobil yang lucu dan eksotis. Kesan klasiknya bahkan sampai hari ini masih melekat erat pada Mini. Mobil ini juga dikenal sebagai jagoan untuk jalanan perkotaan, karena bentuknya yang kompak dan kemampuan mesinnya yang mumpuni.

Nah, baru-baru ini Autoblog memberitakan bahwa mobil yang sebenarnya jagoan jalan aspal ini akan merambah dunia jalan tanah. Yak! Mini akan berpartisipasi dalam ajang reli kelas dunia, Reli Dakar. Rupanya Mini ingin mengatakan kepada semua orang bahwa produk premiumnya ini juga siap untuk diajak bermain dalam ajang reli seekstrim Dakar. Reli Dakar 2017 yang mengambil lokasi melalui Bolivia, Paraguay dan Argentina ini sama-sama kita ketahui menjadi ajang reli kelas dunia yang sangat ekstrim. Tidak sedikit korban jiwa yang sudah dimakan track ‘kejam’ event ini.

Berbasis Mini Countryman

Mobil yang akan diikutkan dalam reli Dakar 2017 pada tanggal 02-14 Januari ini dinamai Mini John Cooper Works Rally, sekarang sedang dipersiapkan untuk mengikuti reli ekstrim Dakar. Berbasis Mini Countryman, Mini John Cooper Works Rally tampil dengan perubahan eksterior yang sangat radikal. Penampilannya sangat berbeda dari varian standarnya, perbedaan itu tampak dari penggunaan ban berprofil kembang kasar, dan upgrade suspensi yang tentu saja lebih canggih.

modifikasi dahsyat di semua sektor (foto : autoblog)
modifikasi dahsyat di semua sektor (foto : autoblog)

Selain kaki-kaki, modifikasi yang dilakukan oleh para teknisi Mini ini juga menata ulang sisi aerodinamis dan pendistribusian berat yang maksimal. Hal ini dilakukan untuk mengaktifkan pusat gravitasi yang lebih rendah.

tidak hanya eksterior, bagian interior juga mendapatkan banyak ubahan ekstrim agar bisa membawa banyak piranti pendukung (foto : autoblog)
tidak hanya eksterior, bagian interior juga mendapatkan banyak ubahan ekstrim agar bisa membawa banyak piranti pendukung (foto : autoblog)

“Pusat gravitasi telah turun secara substansial, kami menempatkan sekitar 50 kilo (110 pounds) ke bawah oleh sekitar 50 sentimeter (19,7 inci) di tengah mobil, yang membantu penanganan dan membuat mobil jauh lebih nyaman untuk semua jenis medan, dan membantu penanganan pada trek reli dengan banyak sudut,” buka Sven Quandt, CEO  As X-raid (Mini’s motorsports partner).

Pakai Mesin Diesel

Walaupun ada perubahan ekstrim pada eksterior dan kaki-kaki, jika tidak disertai dengan perubahan pada jantung pacu maka rasanya mobil ini hanya akan jadi macan ompong di reli Dakar. Mini tentu saja tidak lagi menggunakan mesin standarnya, untuk Mini John Cooper Works Rally ini dicangkokkan mesin turbodiesel milik BMW.

mesinnya sepertinya cukup mumpuni untuk terjun di ajang reli ini (foto : autoblog)
mesinnya sepertinya cukup mumpuni untuk terjun di ajang reli ini (foto : autoblog)

Berbicara tentang tenaganya, mesin yang memiliki kapasitas 3.000 cc ini bisa menghasilkan tenaga maksimum sebesar 340 Hp pada 3.250 rpm, dan tentu saja torsi raksasa sebesar 800 Nm di 1.850 rpm, wow. Sistem penggerak rodanya menggunakan All4, four-wheel-drive yang memiliki enam kecepatan SADEV sequential gearbox.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY