NextEV NIO EP9, Supercar Elektrik Tercepat di Dunia

NextEV NIO EP9, Supercar Elektrik Tercepat di Dunia

675
0
BERBAGI
NextEV NIO EP9, mobil listrik tercepat di dunia (Foto: NextEV)

Selama ini banyak dari kita selalu menaruh curiga pada mobil apapun yang diproduksi oleh negara Cina. Selain diragukan kapabilitasnya dalam memproduksi mobil alias berpotensi mudah rusak, pabrikan otomotif di Cina juga kerap seenaknya melakukan penjiplakan desain dari sebuah mobil yang telah lebih dulu populer.

Tapi kali ini berbeda. Salah satu perusahaan asal Cina bernama NextEV baru saja memperkenalkan sebuah supercar elektrik yang dinamai NIO EP9. Meskipun namanya terasa kurang nyaman diucapkan karena seperti sebuah kode, namun performa yang mampu dihasilkan mobil ini amatlah luar biasa dan disebut-sebut sebagai mobil listrik tercepat di dunia!

Melibas Nurburgring dan Paul Ricard

Gelar mobil listrik tercepat di dunia bukanlah isapan jempol semata, karena NIO EP9 telah diuji coba di sirkuit Nurburgring Nordschliefe, Jerman pada bulan Oktober lalu. Melalui uji coba tersebut, NIO EP9 mampu melibas lintasan sepanjang 20,8 km dalam waktu 7 menit 05,12 detik.

Tak hanya di Nurburgring, mobil ini juga sukses mencatatkan waktu menakjubkan di sirkuit Paul Ricard, Prancis pada 4 November lalu dengan raihan waktu 1 menit 52,78 detik, mengalahkan catatan waktu sebelumnya 2 menit 40 detik. Spektakuler!

Spesifikasi

Lantas, apa yang membuat mobil ini begitu menakjubkan? Jawabannya ada pada jantung pacu berupa empat motor listrik yang menyuplai tenaga pada keempat rodanya, termasuk dengan penggunaan girboks individual. Melalui keempat motor listrik tersebut, NIO EP9 mampu menghasilkan tenaga 1 MegaWatt atau setara 1.360 hp!

Mobil ini dibekali 4 motor listrik untuk keempat rodanya (Foto: Paultan)
Mobil ini dibekali 4 motor listrik untuk keempat rodanya (Foto: Paultan)

Mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,7 detik, lalu 0-200 km/jam dalam 7,1 detik dan 0-300 km/jam dalam 15,9 detik. Kecepatan maksimalnya sekitar 313 km/jam. NIO EP9 memerlukan waktu pengisian baterai 45 menit dan mampu menempuh jarak maksimal 427 km sekali pengisian.

Masih belum diketahui kapan mobil ini dijual resmi (Foto: driving)
Masih belum diketahui kapan mobil ini dijual resmi (Foto: driving)

Sebagai sebuah supercar dengan standar mobil balap LMP1, NIO EP9 dibuat dengan menggunakan sasis serta bodi bermaterial serat karbon agar memiliki bodi yang ringan namun kuat. Meski demikian, kenyataannya mobil ini tetap memiliki berat yang mencapai 1.7 ton. Bisa diduga, ini disebabkan karena baterai dan motor listrik yang digendongnya. Meskipun mobil super ini sudah diluncurkan, namun masih belum diketahui kapan akan dijual secara pasti.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY