Calya Ganti Klakson, Garansi Hilang?

Calya Ganti Klakson, Garansi Hilang?

1530
0
BERBAGI
(foto : klaksonmobil.com)

Salah satu bagian mobil yang sering diganti oleh pemiliknya adalah klakson. Pemilik sering mengganti klakson standar mobil mereka dengan produk aftermarket karena klakson standarnya dirasa kurang galak. Begitu juga dengan para pemilik Toyota Calya yang belakangan ini banyak mengganti klakson standarnya menggunakan klakson aftermarket yang mempunyai suara lebih gagah.

Wajar saja jika klakson Calya terdengar kurang galak, karena klakson standar Calya hanya memiliki satu moncong saja, jadi suaranya tidak terdengar stereo. Dadi Hendradi, GM Technical Service Toyota Astra Motor (TAM) pun mengiyakan kalau klakson milik Calya hanya satu moncong saja. “Penggunaan satu klakson, lebih karena pertimbangan harga jual yang lebih mahal jika menggunakan dua klakson. Iya, semua LCGC rata-rata satu klaksonnya termasuk Agya,” ujarnya.

Garansi Hilang?

Untuk mengganti klakson ini pihak diler memang tidak bisa melakukannya. Iwan Abdurahman, Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor menjelaskan bahwa pihak diler memang tidak menyediakan klakson untuk upgrade seperti kasus di atas, jadi para pemilik Calya yang ingin mengganti klakson memang harus datang ke toko variasi. “Kami tidak menjual aksesori klakson. Jadi kalau ada yang ingin mengubahnya, dipersilahkan mengganti sendiri,” ujar Iwan.

klakson stereo seperti produk Denso ini lumayan populer untuk mengganti klakson standar bawaan pabrik (foto : tokopedia.com)
klakson stereo seperti produk Denso ini lumayan populer untuk mengganti klakson standar bawaan pabrik (foto : tokopedia.com)

Lalu setelah pemasangan klakson aftermarket ini, para pemiliki Calya pun bertanya, apakah garansi mobilnya jadi hilang? Iwan menjelaskan, kalau pihak diler resmi tidak menanggung lagi komponen yang baru saja diganti. Jadi tidak secara keseluruhan, hanya pada komponen yang dimodifikasi saja. “Soal garansi, jika aksesori tersebut membuat kerusakan di mobil, garansi komponen yang rusak tersebut jadi gugur. Kalau mengenai klakson, berarti hanya klaksonnya saja yang gugur, karena garansi hanya berefek pada sistem yang dimodif saja (beserta kaitanya),”  tutup Iwan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY