Ingin Saingi AMG dan M Series, Toyota Rencanakan Mobil Performa

Ingin Saingi AMG dan M Series, Toyota Rencanakan Mobil Performa

334
0
BERBAGI
(foto : Tune86)

Kabar terbaru datang dari Toyota yang berencana untuk mengisi segmen baru di pasar mobil performa. Tidak tanggung-tanggung, Toyota akan langsung menantang dua pabrikan dengan seri mobil legendarisnya, BMW yang punya M Series, dan Mercedes-Benz yang punya AMG. Well,  tentu saja Toyota tidak akan melawan M Series dan AMG menggunakan TRD, karena TRD sudah terlalu sibuk membuat aksesoris untuk Yaris (di Indonesia) hehe.

Toyota sedang mempersiapkan brand yang akan diproduksi massal dan akan dikerjakan bersama dengan tuner spesialis mobil Toyota, Gazoo Racing. Bagi yang belum tahu, Gazoo Racing adalah tuner kepercayaan Toyota yang berhasil membawa mobil-mobil Toyota di dunia balap tingkat internasional seperti World Endurance Championship (WEC), Nurburgring 24 Hours, dan juga Reli Dakar.

Pernah Produksi Toyota 86

Salah satu mobil Toyota yang pernah diproduksi oleh Gazoo Racing dalam jumlah terbatas adalah Toyota GT 86. Dalam kondisi standar, mobil yang berbentuk sangat sporty banyak dikeluhkan performanya. Bahkan tidak sedikit yang telah melakukan engine swap pada Toyota GT 86 untuk mendapatkan tenaga mesin yang lebih besar. Oleh karena itu, Gazoo Racing mencoba untuk melakukan tuning pada mobil ini, sehingga bebannya lebih ringan dan mesinnya jauh lebih bertenaga.

Toyota GT 86 GRMN 2016 (foto : Best-Wallpaper)
Toyota GT 86 GRMN 2016 (foto : Best-Wallpaper)

Mobil hasil garapan Gazoo Racing ini hanya diproduksi sebanyak 100 unit saja, dan langsung terjual habis di pasaran. Mobil ini diimbuhi nama GRMN (Gazoo Racing Masters of Nurburgring) untuk membedakannya dengan versi standar. Selain Toyota GT 86, Gazoo Racing juga pernah memproduksi Toyota Vitz atau Yaris GRMN yang sudah dilengkapi dengan turbocharger.

Ingin Lebih Dikenal

Rencana membentuk brand baru ini selain untuk memasuki segmen baru, dikatakan oleh Toyota adalah langkah agar merek Toyota semakin dikenal, atau menaikkan brand awareness. Tidak jauh beda, Gazoo Racing pun memiliki misi yang sama bahwa mereka memang memiliki niat untuk menjadikan brand mereka lebih dikenal. “Sudah menjadi niat kami untuk meningkatkan kehadiran brand Gazoo pada mobil produksi jalanan tak hanya di pasar Jepang untuk mempromosikan hubungan antara aktivitas mobil dan balapannya,” ujar Koei Saga selaku bos Gazoo Racing dan divisi performa Toyota.

sebenarnya, Toyota dan Gazoo Racing sudah lama bekerja sama di dunia balap mobil, hanya saja nama mereka masih kurang dikenal (foto : en.wheelsage.org)
sebenarnya, Toyota dan Gazoo Racing sudah lama bekerja sama di dunia balap mobil, hanya saja nama mereka masih kurang dikenal (foto : en.wheelsage.org)

Koei juga menambahkan bahwa tantangan yang mereka hadapi akan lebih besar untuk pasar Eropa, dikarenakan banyaknya kompetitor dan permasalahan biaya. “Bagaimanapun, saya terus berusaha keras agar kami bisa memiliki sebuah brand layaknya M brand,” tutup Koei.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY