Mitsubishi New Mirage Review: Apa Saja yang Baru?

1148
0
BERBAGI

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku pemegang merek Mitsubishi di Indonesia telah melepas New Mirage beberapa bulan lalu. Kami pun sempat mengulas perihal eksterior, interior serta ubahan apa saja yang di dapatnya pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 bulan Agustus lalu.

Berhubung waktu itu kami belum mendapat kesempatan untuk menjajal langsung impresi berkendara dari city car andalan Mitsubishi di Indonesia itu, maka kali ini kami akan memberikan ulasan lanjutannya. So, simak artikel berikut ini.

Ubahan yang Minor

Status facelift yang disandangnya membuat New Mirage tak banyak memberikan ubahan signifikan. Jika menengok eksteriornya, salah satu hal yang kami apresiasi adalah desainnya yang kini terlihat lebih sporty berkat sejumlah ubahan seperti pada kap mesin dengan desain baru, grille dan bumper baru, aksen krom di bagian depan yang memberikan kesan sporty serta velg two tone baru berukuran 15 inci pada tipe Exceed yang kami ulas.

Pindah ke dalam, interior Mirage sebenarnya cukup terasa elegan. Sayangnya tak banyak ubahan yang diberikan. Desain dasbor, head unit, konsol AC dan material pelaspis interiornya masih serupa dengan pendahulunya. Selain desain lingkar kemudi, sistem pelipatan jok baris kedua yang kini 60:40 layak diapresiasi. Meskipun pelipatannya tidak rata lantai, hal ini memudahkan untuk menambah kelapangan kompartemen bagasinya yang tidak terlalu besar.

Performa dan Impresi Berkendara

Jantung pacu yang dibenamkan ke dalam kap mesin New Mirage juga masih sama, yakni mesin 1.200 cc 3-silinder bertenaga 78 hp dan torsi 100 nm. Seperti sudah kita ketahui sebelumnya, mesin ini cukup handal untuk rute perkotaan. Tidak ada rasa underpower saat diajak berlari. Hanya saja, berhubung tipe Exceed yang kami ulas (sekaligus tipe tertinggi) menggunakan transmisi CVT, masih terasa gejala lemot di awal saat kita mencoba menginjak pedal gas lebih dalam.

Mitsubishi New Mirage lumayan menarik perhatian pengunjung GIIAS 2016 (foto : ototaiment)
Mitsubishi New Mirage lumayan menarik perhatian pengunjung GIIAS 2016 (foto : ototaiment)

Handling mobil ini cukup menyenangkan, apalagi ia didukung oleh electronic power steering yang membuat setir terasa ringan. Meski amat membantu, terutama saat kondisi jalan tidak bersahabat, namun sensasi fun to drive-nya jadi berkurang, karena feedback dari roda ke setir tidak begitu terasa. Radius putar mobil ini juga cukup baik, 4,6 meter untuk Exceed dan GLS serta 4,4 meter untuk GLX. Sebagai mobil perkotaan yang cocok digunakan untuk melewati jalan alternatif yang sempit, radius putar yang kecil tentu jadi nilai lebih.

penyerahan uji konsumsi bbm New Mirage oleh LEMTEK UI (foto : jurnas.com)
penyerahan uji konsumsi bbm New Mirage oleh LEMTEK UI (foto : jurnas.com)

Konsumsi bahan bakar juga menjadi salah satu hal menarik yang ditawarkan mobil ini. Selain memiliki Eco Indicator yang mempermudah kita memantau cara berkendara, pada dasarnya Mirage memang dikenal irit. Lebih ekstrem, beberapa saat lalu mobil ini diuji coba oleh LEMTEK Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Hasilnya, New Mirage mampu mencatatkan angka 22 km/liter untuk transmisi otomatis dan 24,2 km/liter untuk transmisi manual. Wow!

Kesimpulan

Mitsubishi New Mirage dapat dikatakan sebagai salah satu city car terbaik di kelasnya dengan sejumlah keunggulan seperti yang kami ulas di atas. Sayangnya, harga mobil ini sudah nyaris tembus Rp 200 juta di Jabodetabek, yakni dijual dengan rentang harga Rp 175-195 juta.

Seperti inilah New Mirage yang ada di luar negeri (Foto: Netcarshow)
Seperti inilah New Mirage yang ada di luar negeri (Foto: Netcarshow)

Melihat harga yang sudah kian tinggi itu, New Mirage bisa dibilang hanya memberikan ubahan yang tergolong minor. Jika dibandingkan dengan New Mirage yang ada di Thailand sekalipun, banyak fitur yang dihilangkan pada Mirage versi Indonesia. Semoga saja kedepannya Mitsubishi akan memberikan harga yang setara dengan fitur yang ditawarkan, apalagi tahun depan pabrik baru Mitsubishi di Indonesia sudah mulai beroperasi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY