Selamat Tinggal Toyota Etios Valco!

Selamat Tinggal Toyota Etios Valco!

949
0
BERBAGI
Toyota Etios Valco tidak jadi berhenti diproduksi? (Foto: Toyota)

PT Toyota Astra Motor (TAM) memang penuh kejutan. Setelah kemarin (Rabu 30/11) meluncurkan Toyota Transmover yang jadi varian terendah dari Avanza, sebuah kabar kurang sedap juga muncul menjadi pemberitaan.

Berita yang dimaksud adalah adanya rencana TAM untuk menyuntik mati Etios Valco di Indonesia. Rupanya hatchback lima penumpang itu tak kuasa menahan gempuran dari sejumlah kompetitor lain macam Honda Brio, Nissan March ataupun Mitsubishi Mirage.

Segera Siapkan Pengganti

Toyota Etios Valco ternyata telah dihentikan produksinya sejak November 2016 lalu. Menurut  Executive General Manager Marketing PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto‎, Etios Valco kini sudah tidak ada di dealer dan tidak dibuat lagi di pabrik Toyota. Meski begitu, menurutnya Toyota segera menyiapkan model pengganti, entah mobil yang benar-benar produk baru maupun produk lama yang dirombak total.

Mobil ini akan segera digantikan oleh model lain. Apa ya kira-kira? (Foto: Toyota)
Mobil ini akan segera digantikan oleh model lain. Apa ya kira-kira? (Foto: Toyota)

Rumor mengenai penghentian produksi dari Etios Valco sebenarnya sudah lama terdengar, tepatnya sejak Desember 2015 silam. PT TAM sendiri emoh disebut menghentikan umur Etios Valco karena penjualannya yang turun drastis. Menurut TAM, mereka hanya ingin lebih efektif dengan model yang ada.

Pencapaian Toyota Etios Valco akhir-akhir ini (Foto: Gaikindo)
Pencapaian Toyota Etios Valco akhir-akhir ini (Foto: Gaikindo)

Jika melihat data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bemotor Indonesia (Gaikindo), pasokan Etios Valco di bulan September masih sebesar 292 unit, namun kembali dikurangi bulan Oktober hingga tinggal 129 unit. Ini tentu kalah jauh jika dibandingkan dengan Honda Brio sebagai mobil terlaris di kelas 1.200 cc dengan pencapaian di bulan Oktober 2016 berjumlah 1.188 unit.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY