Empat Kota Ini Sepakat Untuk Menolak Mobil Diesel

Empat Kota Ini Sepakat Untuk Menolak Mobil Diesel

537
0
BERBAGI
Empat kota besar di dunia sepakat menolak keberadaan mobil diesel pada 2025 (Foto: Yahoo)

Saat ini, masalah emisi kendaraan menjadi salah satu isu yang paling ramai diperbincangkan, terutama sejak terungkapnya skandal dieselgate yang dilakukan oleh Volkswagen (VW) pada tahun 2015 lalu. Kala itu, VW diketahui melakukan kecurangan dengan mengotak-atik perangkat lunak yang bisa memberikan nilai emisi rendah saat dilakukan pengujian emisi.

Menurut salah satu engineer VW, pihaknya merasa kesulitan untuk mengikuti standar emisi yang berlaku di Amerika Serikat hingga terpaksa melakukan kecurangan itu. Jika pabrikan sekelas VW saja kesulitan menemukan solusi jitu untuk permasalahan emisi mesin dieselnya, maka wajar jika kemudian muncul banyak penolakan terhadap mobil bermesin diesel.

Empat Kota Besar Menolak Mobil Diesel

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada 30 November – 2 Desember 2016, digelar acara C40 Mayors Summit di Mexico City. Acara yang menjadi ajang berkumpulnya para walikota sedunia ini menghasilkan beberapa bahasan, termasuk diantaranya adalah keputusan empat kota besar, yakni Paris, Madrid, Athena, dan Mexico City yang setuju untuk menyingkirkan kendaraan diesel di wilayahnya pada tahun 2025. Kendaraan diesel yang masuk dalam larangan ini adalah jenis mobil penumpang dan van.

Dampak (Foto: Sean Gallagher)
Dampak jelaga dari kendaraan diesel adalah kontributor besar bagi kesehatan buruk dan pemanasan global (Foto: Sean Gallagher)

Selain itu, 40 walikota di ajang C40 Mayors Summit tersebut turut berdiskusi melawan perubahan iklim bumi. Menurut Helena Molin Valdes, kepala koalisi iklim dan udara bersih dari Perserikatan Bangsa-bangsa, jelaga dari kendaraan diesel adalah kontributor besar bagi kesehatan buruk dan pemanasan global. Sebagai solusinya, pihak berwenang di masing-masing kota akan bekerja sama dengan pemerintah dan produsen kendaraan untuk menghasilkan kendaraan listrik dan alat transportasi yang ramah lingkungan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY