Penjualan Toyota Sienta Meleset dari Target, Kenapa?

Penjualan Toyota Sienta Meleset dari Target, Kenapa?

1525
0
BERBAGI
(foto : Ototaiment)

Toyota Sienta yang belum lama ini diperkenalkan di Indonesia digadang-gadang akan memiliki angka penjualan yang bagus. Tetapi setelah dilakukan penjualan dan didapatkan datanya, ternyata perkiraan tersebut meleset. Sejak resmi mulai dipasarkan di bulan Juli 2016 lalu hingga saat ini, total penjualan Sienta mencapai 9.000 unit, yang artinya penjualan Sienta per bulan hanya di kisaran 2.000 unit.

Jika tidak melihat target awal, maka nilai tersebut sepertinya terlihat besar, tetapi jika melihat target penjualan Sienta yang sudah ditanamkan sejak awal penjualan, angka tersebut jadi meleset. “Target awal kami itu sekira 3.500 unit per bulan sebetulnya. Nah, balik lagi kami harus edukasi market untuk kelas MPV. Karena ini kan sliding door. Tampangnya lebih ke arah female. Jadi kalau dilihat chubby,” tepis Fransiscus Soerjopranoto, executive general manager marketing PT Toyota Astra Motor.

Mendekati Komunitas

Walau meleset dari target awalnya, tetapi Soerjopranoto tetap menilai pencapaian ini sudah cukup baik. Beliau juga mengatakan, bahwa Pihak Toyota Astra Motor akan melakukan strategi lain untuk penjualan. “So far oke, makanya kami mengajak komunitas yoga dan bersepeda. Karena itu (Sienta) multi activity vehicle, jadi orang bisa melakukan apa saja dengan kendaraan tersebut karena lega. 2.200 sampai 2.500 (penjualan per bulan) kami rasa sudah sesuai,” kata Soerjopranoto.

Tadinya Sienta berbagi pasar dengan Honda Freed, tapi akhirnya Freed gulung tikar duluan, jadi sekarang Sienta sendirian (ilustrasi : Ototaiment)
Tadinya Sienta berbagi pasar dengan Honda Freed, tapi akhirnya Freed gulung tikar duluan, jadi sekarang Sienta sendirian (ilustrasi : Ototaiment)

Melihat penjualan tahun ini, pihak Toyota Astra Motor akan melakukan perubahan target penjualan. Angkanya akan disesuaikan dengan hasil penjualan tahun 2016 ini. Jika tadinya ditargetkan 3500 unit per bulan, untuk tahun 2017 nanti hanya ditargetkan 2500 unit perbulan. Di pasar Indonesia, saat ini Sienta bermain sendiri, karena pesaing terdekatnya yaitu Honda Freed sudah tidak dipasarkan lagi sejak September 2016 oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Penghentian penjualan ini juga dilatar belakangi oleh penjualan Freed yang terus merosot.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY