Desain Untuk Kendaraan Pedesaan Mulai Dilombakan

Desain Untuk Kendaraan Pedesaan Mulai Dilombakan

1559
0
BERBAGI
Daihatsu F-Concept, salah satu contoh konsep mobil pedesaan yang muncul di IIMS 2010 (Foto: Tribun)

Beberapa waktu lalu, kami telah mengabarkan perihal rencana pemerintah untuk menghadirkan kendaraan pedesaan dengan menggandeng Institut Otomotif Indonesia (IOI). Dalam kesepakatan kedua belah pihak, rencananya mobil pedesaan akan diperkenalkan pada bulan Agustus tahun depan. Namun sebelumnya, desain untuk calon mobil pedesaan ini akan dilombakan terlebih dahulu.

Untuk keperluan itu, Kementerian Perindustrian bersama dengan IOI telah resmi menggelar perlombaan desain kendaraan pedesaan tersebut. Sayembara bertajuk “Lomba Desain Kendaraan Perdesaan Indonesia” ini digelar mulai 5 Desember 2016, dan pemenangnya akan diumumkan pada 5 Maret 2017.

Untuk Mencari Konsep yang Lain

Menurut Made Dana Tangkas, Presiden IOI, sebenarnya konsep desain mobil pedesaan dari IOI sudah ada, namun pihaknya masih belum puas dan ingin mencari konsep bentuk yang lain melalui lomba ini. Harapannya, segala inovasi dan kreativitas anak negeri terkait pengembangan industri otomotif dalam negeri akan terfasilitasi dengan baik oleh IOI dan Kemenperin.

Mobil pedesaan hasil inovasi Universitas Negeri Semarang (Foto: Dikti)
Mobil pedesaan hasil inovasi Universitas Negeri Semarang (Foto: Dikti)

Made menambahkan, IOI dan Kemenperin mengharapkan bentuk desain dan model dari kendaraan perdesaan Indonesia ini tidak bersinggungan atau menyerupai dengan model kendaraan yang banyak beredar saat ini. Selain itu juga desain yang tidak ketinggalan jaman, unik dan mempunyai ciri khas nusantara.

Jadwal Perlombaan

Sayembara kendaraan pedesaan ini  akan dilaksanakan secara bertahap, mulai dari tanggal 5 Desember 2016 sebagai awal perlombaan, kemudian disusul tahap kedua pada tanggal 13-24 Januari 2017 untuk memasukan konsep desain kendaraan pedesaan Indonesia. Selanjutnya, tanggal 7-16 Februari 2017 menjadi tahap untuk memasukan gambar, desain, dan mock up (1:100).

Lomba mobil pedesaan (Foto: Istimewa)
Lomba mobil pedesaan (Foto: Istimewa)

Penjurian dan penetapan nominator pemenang akan dilakukan pada 17-24 Februari 2017, baru kemudian akan diumumkan nominasi pemenangnya pada tangal 25 Februari 2017. Para nominator diharuskan untuk mempresentasikan dan mensimulasikan karyanya pada tanggal 3-4 Maret 2017 di hadapan para dewan juri yang rencananya akan bertempat di Gedung Bali Creative Industri Centre (BCIC), Denpasar Bali.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY