Nissan Ikut Kembangkan XM Concept dan Model-Model Lainnya Bersama Mitsubishi

Nissan Ikut Kembangkan XM Concept dan Model-Model Lainnya Bersama Mitsubishi

1041
0
BERBAGI
Mitsubishi XM Concept (Foto: Ototaiment)

Sejak tertimpa kasus terkait data konsumsi bahan bakar beberapa waktu lalu, Mitsubishi memulai babak baru di industri otomotif dengan bergabung pada Nissan. Seperti kita ketahui, Nissan telah mengakuisisi 34 persen saham Mitsubishi yang turut berperan menyelamatkan Mitsubishi dari kebangkrutan.

Sebagai langkah awal dari kongsi kedua perusahaan, Nissan dikabarkan tertarik untuk turut mengembangkan Mitsubishi XM Concept yang telah diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 bulan Agustus lalu.

Nissan XM Concept?

Nissan Motors Company melihat bahwa XM Concept cocok untuk diproduksi pada pasar ASEAN. Oleh sebab itu, Nissan juga tertarik untuk mengembangkan mobil ini untuk dirinya sendiri. Kabarnya, XM Concept versi Nissan akan diluncurkan setelah versi Mitsubishi meluncur di pasaran tahun depan.

Mitsubishi XM Concept sapa pengunjung Thailand Motor Expo 2016 (Foto: AutoIndustriya)

Meskipun bakal berbagi platform yang sama, namun kedua mobil tersebut akan disetting agar tetap saling berkompetisi meskipun keduanya berada dalam satu atap yang sama. Sebagai informasi, Mitsubishi XM Concept dikembangkan khusus dan diproduksi secara eksklusif di pabrik Mitsubishi di Bekasi, Jawa Barat. Nantinya, XM Concept juga akan dijual ke beberapa negara lain di Asia Tenggara.

Model Kolaborasi Lainnya

Tak hanya XM Concept saja yang nantinya akan dikembangkan bersama, karena kedua belah pihak telah berencana untuk berbagi platform dan teknologi pada produknya di masa depan yang akan dimulai pada tahun fiskal 2017/2018.

ISelain platform, pengembangan teknologi juga menjadi poin kerjasama Mitsubishi dan Nissan (Foto: Indianautosblog)

Selain model MPV, model pikap Mitsubishi Triton dan Nissan Navara juga akan menjadi model yang dikembangkan bersama. Bahkan kabarnya, Nissan juga akan mengembangkan SUV yang berbasis pikap dari Pajero Sport. Bagaimanapun juga, kerjasama keduanya patut diapresiasi, karena biaya riset dan pengembangan produk jadi lebih murah. Artinya, konsumen bisa lebih diuntungkan karena mobil bisa dijual dengan harga yang lebih terjangkau maupun memiliki teknologi yang canggih dan modern.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY