Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Bakal Masuk Indonesia Tahun Depan!

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Bakal Masuk Indonesia Tahun Depan!

591
0
BERBAGI
Suzuki akan luncurkan Ertiga Diesel Hybrid di Indonesia tahun depan (Foto: Maruti)

Saat ini, pabrikan manapun di dunia otomotif tengah gencar untuk menciptakan teknologi ramah lingkungan untuk mengatasi dampak emisi yang berlebihan di masa lalu. Mulai dari teknologi hybrid, elektrik, maupun bahan bakar alternatif dikembangkan untuk keperluan itu.

Indonesia sebagai salah satu negara yang mempunyai tingkat emisi tinggi sudah sewajarnya untuk mulai menerapkan regulasi untuk mengatasinya. Bagusnya, beberapa pabrikan sudah terlebih dahulu mempunyai inisiatif untuk menghadirkan kendaraan dengan teknologi ramah lingkungan untuk dipasarkan di Indonesia pada masa mendatang.

Suzuki Punya SHVS

Salah satu pabrikan yang berencana memperkenalkan mobil berteknologi ramah lingkungannya di Indonesia adalah Suzuki, yang dikabarkan bakal meluncurkan Ertiga Diesel Hybrid. Mobil ini mengusung teknologi mild hybrid Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Di India yang tingkat polusinya tergolong mengerikan, Maruti Suzuki telah menerapkan teknologi ini pada model lain seperti Maruti Suzuki Ciaz, dan hasilnya memuaskan.

Teknologi SVHS akan dibenamkan pada Ertiga Diesel Hybird di Indonesia tahun depan (Foto: Popularmaruti)

Mengutip pernyataan Section Head 4W Product Development PT Suzuki Indomobil Sales, Harold Donnel, Suzuki tidak hanya mengembangkan mobil untuk pasar global Eropa, tapi juga India dan Indonesia yang dikenal sebagai second market Suzuki terbesar di dunia. Oleh karenanya, wajar jika Indonesia jadi perhatian tersendiri dan kebagian jatah teknologi ramah lingkungan ini.

Fitur Tambahan

Tak hanya mesin berteknlogi SHVS saja yang ditawarkan untuk Ertiga Diesel Hybrid, karena sejumlah fitur lain akan ditambahkan seperti start/stop engine, torque assist, serta brake energy recuperation yang merupakan pendaur ulang energi yang berfungsi mengisi ulang energi saat dilakukan pengereman.

Adanya fitur brake energy recuperation membuat energi mobil bisa terisi kembali saat melakukan pengereman (Foto: marutinew)

Dari segi konsumsi bahan bakarpun mobil ini disebut lebih irit hingga 50 persen dengan skala rata-rata konsumsi BBM dengan komposisi bahan bakar yang disarankan. Perbandingannya bahkan diklaim bisa sampai angka 1:20, dengan catatan, tergantung cara berkendara.

Wah, menarik ya? Sayangnya tidak dikabarkan secara rinci kapan Suzuki akan memboyong mobil ini ke Indonesia.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY