3 Hal yang Harus Anda Lakukan Agar BBM Tetap Irit di Jalanan...

3 Hal yang Harus Anda Lakukan Agar BBM Tetap Irit di Jalanan yang Sedang Macet

632
0
BERBAGI
(foto : ayobuka.com)

Kemacetan sudah tidak asing lagi bagi para penghuni kota besar di Indonesia. Selain menimbulkan stress pada diri anda sendiri, hal negatif juga bisa terjadi pada mobil anda saat anda melalui kemacetan, salah satunya adalah boros bahan bakar.

Anda pasti sudah merasakan juga jika kemacetan di jalan raya akan membuat konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih boros. Ini karena kondisi stop and go yang tidak teratur, juga kinerja mesin yang terganggu karena naiknya temperatur mesin. Keborosan bahan bakar ini sebenarnya bisa sedikit diatasi dengan cara memperbaiki perilaku mengemudi anda, walaupun tidak lalu menjadikan mobil anda irit, tapi paling tidak bisa mengurangi keborosannya. Untuk memperbaiki perilaku mengemudi anda, paling tidak ada tiga cara yang bisa anda terapkan saat menyetir dalam keadaan macet. Berikut poin-poinnya:

1. Pilihan Transmisi yang Tepat

Jangan menempatkan tuas persneling mobil (matic) anda pada posisi D jika kondisi macet (Foto: Ototaiment)

Bagi pengguna mobil dengan transmisi otomatis, jangan menaruh tuas persneling anda pada mode D saat anda berhenti menunggu macet. Jika anda menaruhnya pada mode D, akan terjadi keborosan bahan bakar karena ketika berada di posisi tersebut mesin sebenarnya di setting untuk jalan, sedangkan saat macet anda memaksanya untuk berhenti dengan menggunakan rem. Hal ini akan membuat mesin anda berat sehingga bahan bakar anda terbuang percuma. Akan lebih baik jika anda memasang persneling anda di mode N ketika mobil berhenti, sehingga mesin tidak terbebani.

2. Atur Ritme Pedal Gas

Atur ritme menginjak pedal gas agar putaran mesin terjaga (foto: cartech)

Jangan menginjak gas secara tiba-tiba dan terlalu dalam ketika mulai berjalan. Apalagi jika anda menggunakan mobil bertransmisi manual. Saat menginjak gas dan melepas kopling, lakukanlah dengan santai, agar putaran mesin tidak meraung terlalu tinggi, sehingga bahan bakar yang terpakai pun bisa lebih efektif.

3. Menggunakan AC Sesuai Kebutuhan

Setelan AC sebaiknya pada pengaturan normal saja (Foto: Photobucket)

Aturlah suhu kabin anda, jangan setel temperatur AC anda pada posisi terendah atau paling dingin. Ketika anda menyetel suhu AC anda ke tingkat paling rendah, maka beban kerja kompresor AC anda jadi sangat berat, yang kemudian akan berpengaruh pada beban kerja mesin. Jika suhunya sudah terasa cukup, setel suhu AC anda di kondisi normal saja, karena pada kondisi ini kompresor AC bisa berhenti bekerja sehingga mesin kerja mesin mobil anda pasti lebih ringan, jadi BBM yang dikonsumsi pun bisa lebih sedikit.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY