Tiga Mobil Teraman Menurut Euro NCAP

Tiga Mobil Teraman Menurut Euro NCAP

511
0
BERBAGI
(Sumber : Euro NCAP)

Di jaman yang sudah serba modern seperti saat ini, orang yang ingin membeli mobil tidak saja hanya mementingkan desain dan performa. Teknologi dan fitur-fitur keamanan pada mobil menjadi salah satu pertimbangan para calon pembeli mobil. Produsen otomotif pun saat ini berlomba-lomba untuk memberikan produk terbaik, salah satunya dengan memperhatikan tingkat keamanan pengendara dan penumpang mobil.

Tidak heran jika rekomendasi keamanan dari institusi penguji keamanan mobil seperti European New Car Assessment Programme (Euro NCAP) menjadi sangat penting bagi para calon pembeli mobil. Baru-baru ini, Euro NCAP merilis rekomendasi atas tiga mobil dengan keamanan terbaik di kelasnya. Ada tiga kategori yang diuji, mobil keluarga besar, mobil keluarga kecil, dan kategori off-roader kecil. Berikut merk-merk mobil yang masuk ke daftar tiga besar mobil teraman tahun 2016 menurut Euro NCAP.

1. Toyota Prius

Pada kategori mobil keluarga besar, Toyota Prius berhasil mengungguli saingan-saingan yang lain. Prius generasi keempat dengan Toyota Safety Sense ini berhasil meraih nilai yang bagus dalam pengujian sistem keamanan. Selain melindungi penumpang dengan baik, mobil ini juga mampu menghindari atau mengurangi potensi kecelakaan dengan pejalan kaki.

Toyota Prius generasi ke empat (foto : Autoblog)

Toyota Prius berhasil mendapatkan total skor 92 persen dalam pengujian keselamatan penumpang dewasa, 82 persen dalam perlindungan penumpang anak-anak, 77 persen perlindungan pejalan kaki dan 85 persen dalam sistem bantuan keamanan.

2. Hyundai Ioniq

Untuk kategori mobil keluarga kecil, Hyundai Ioniq berhasil meraih nilai terbaik. Hyundai Ioniq mencetak total skor 91 persen pengujian perlindungan penumpang dewasa, 80 persen perlindungan penumpang anak-anak, 70 persen perlindungan pejalan kaki dan 82 persen dalam sistem bantuan keamanan.

Hyundai Ioniq, tampaknya mobil-mobil hybrid memang memiliki fitur keamanan yang maksimal (foto : Autocar)

Mobil yang diuji ini adalah Hyundai Ioniq tipe teratas. Mobil ini memiliki sistem keamanan yang komprehensif, termasuk pengereman darurat otomatis, lane keep assist, blind spot monitor dan smart cruise control.

3. VW Tiguan

Perusahaan yang belum lama ini terkena kasus dieselgate, Volkswagen (VW), ternyata masih mampu mengukir prestasi pada kategori mobil off-road kecil. Volkswagen Tiguan yang diuji pada bulan Juli lalu ini berhasil meraih skor 96 persen dalam hal perlindungan penumpang dewasa, 84 persen dalam perlindungan penumpang anak-anak, 72 persen perlindungan pejalan kaki dan 68 persen dalam sistem bantuan keamanan.

Diluar kasusnya, ternyata VW masih bisa mencetak prestasi (foto : Autoevolution)

Volkswagen rupanya salah satu pabrikan yang lumayan memperhatikan keselamatan pengendaranya. Tidak ragu-ragu, fitur keamanan yang lumayan komplit diaplikasikan pada mobil ini. Volkswagen Tiguan dibekali sistem keamanan seperti pengereman darurat otomatis, tujuh airbags dan lane assist system.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY