India Akan Punya Avanza Diesel, Bagaimana dengan Indonesia?

India Akan Punya Avanza Diesel, Bagaimana dengan Indonesia?

381
0
BERBAGI
(Foto : Toyota)

Berita menarik datang dari India. Toyota mengabarkan akan menghadirkan Avanza bermesin diesel di India. Kabarnya, usaha ini dilakukan oleh Toyota untuk menyaingi dominasi pasar yang dipimpin oleh Maruti-Suzuki dan Hyundai. Kedua merek terlaris di India ini memiliki portofolio produk yang cukup lengkap termasuk di kelas low MPV. Suzuki, dan Hyundai akan memperkenalkan MPV baru tahun 2017 nanti. Jika Suzuki masih menggunakan Ertiga, maka Hyundai akan mengeluarkan produk baru di India, sedangkan Toyota masih belum memiliki mobil untuk masuk ke segmen Low MPV.

Menanggapi hal tersebut, Toyota akan membawa masuk Avanza ke India. Avanza di sana akan menggunakan mesin 1500 cc dan mesin diesel yang kemungkinan berkapasitas 1400 cc. Mesin itu hadir dengan pilihan gearbox manual dan otomatis, sementara untuk fitur keselamatannya, mobil ini sudah dilengkapi dengan ABS (anti-lock braking system), dan dual airbags.

Tidak Hadir di Indonesia

Dalam hal otomotif, pasar Indonesia dan India dikatakan banyak memiliki kemiripan. Oleh karena itu wajar saja jika kemudian timbul pertanyaan, apakah Avanza diesel ini juga akan hadir di Indonesia? Henry Tanoto, Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, “Sampai dengan saat ini kita belum ada perencanaan kearah situ. Marketnya kita harus pelajari dulu secara hati-hati.”

Tingkat penjualan mobil ini di Indonesia memang belum terkalahkan. Tahun 2016 ini Avanza kembali merajai penjualan dengan total penjualan di atas 100 ribu unit (foto : toyota.astra.co.id)

Henry juga menambahkan bahwa sebelum meluncurkan produk baru di Tanah Air, pihak TAM harus melakukan berbagai tahap. “Sebelum kita luncurkan produk baru itu kan banyak yang harus dipelajari, tapi kalau mememungkinkan pasti kita pikirkan dengan serius ke arah situ. Tapi dari studi kita hingga saat ini masih belum ke arah situ (Avanza diesel),” tutup Henry.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY