Toyota Mau Berperan di Mobil Pedesaan

Toyota Mau Berperan di Mobil Pedesaan

559
0
BERBAGI
(foto : Toyota Indonesia Manufacturing)

Rencana pemerintah untuk membuat mobil pedesaan demi meningkatkan geliat ekonomi pedesaan banyak mendapat sambutan, mulai dari Universitas hingga pabrikan otomotif besar yang sudah memiliki nama di Indonesia. Salah satu yang merespon proyek ini adalah Toyota, Warih Andang Tjahjono sebagai Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia menyatakan, “Kita akan bantu supply chain yang kita punya, yang kita mampu agar project pemerintah berjalan.”

Warih juga berkata, bahwa untuk hal-hal lainnya yang berkaitan dengan mobil pedesaan biar ditangani oleh pihak terkait. Hal ini juga didukung oleh pernyataan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang mengatakan bahwa walaupun tingkat komponen dalam negeri (TKDN) hingga 90 persen, namun untuk permesinan akan menggandeng perusahaan yang sudah andal.

Prototipe Selesai Tahun Depan

Kendaraan pedesaan ini sekarang masih dalam tahap pembuatan desain. Airlangga menyatakan bahwa untuk prototipe mobil ini ditargetkan selesai tahun depan. “Saat ini masih dalam tahap desain, modelnya seperti pikap, roda empat dan belakangnya bisa diubah-ubah sesuai aktivitasnya. Untuk variannya akan mengikuti kontur pedesaan masing-masing. Tahun depan prototipenya sudah bisa rampung,” kata Airlangga.

Toyota siap bantu produksi mobil pedesaan (foto : Toyota Indonesia Manufacturing)

Prototipe ini, menurut Airlangga, boleh digunakan oleh peminat yang ingin memproduksi dan memasarkannya. “Prototipenya boleh dipergunakan siapa saja yang mau memasarkan dan memproduksi mobil kecil ini karena bisa dikerjakan sekelas bengkel di desa,” terangnya. Kendaraan pedesaan yang nantinya berfungsi sebagai alat angkut hasil pertanian dan perkebunan ini ditargetkan rampung diproduksi pada tahun 2017, dan diharapkan dapat mendorong kegiatan ekonomi di pedesaan, juga sektor industri kecil dan menengah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY