Teknologi Autonomous Drive Milik Nissan Mendapat Penghargaan

Teknologi Autonomous Drive Milik Nissan Mendapat Penghargaan

164
0
BERBAGI
Nissan Serena raih penghargaan untuk fitur ProPILOT-nya (Foto: Youtube)

Jika sebelum ini kita mengetahui Subaru Impreza berhasil terpilih sebagai mobil terbaik di Jepang, maka kali ini giliran Nissan yang patut jumawa karena teknologi autonomous drive ProPILOT yang dimiliki oleh Nissan Serena terbaru diganjar sebagai 2016-2017 Japan Car of The Year (J-COTY) Innovation Award.

Terpilihnya fitur ProPILOT sebagai inovasi terbaik di J-COTY ini didasari pada alasan teknologi dan sistem yang menawarkan keamanan sekaligus kenyamanan. Melalui teknologi ini pula Nissan berhasil merealisasikan visi Nissan Intelligent Mobility yang membuat mobil lebih aman dan mampu terintegrasi pada lingkungan sekitar sehingga bisa memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Cara Kerja ProPILOT

Bagi banyak orang, teknologi autonomous drive mungkin sedikit membingungkan.Lantas, bagaimanakah cara kerja fitur ini pada Serena terbaru? Untuk mendukung teknologi ini, ProPILOT dilengkapi dengan 8-12 buah kamera yang secara simultan akan mendeteksi marka jalan, mobil di depannya, serta situasi yang ada di sekitar mobil. Melalui hasil citra yang ditangkap kamera-kamera tersebut, mobil akan bisa menyetir sendiri dan menyesuaikan dengan cara berkendara yang dibutuhkan.

Fitur ProPILOT membuat Serena 2017 mampu menyesuaikan dengan kondisi lalu-lintas yang dihadapinya (Foto: Nissan)

Pengemudi perlu mengoperasikan terlebih dahulu sejumlah tombol yang dibutuhkan untuk mengaktifkan fitur ini. Sesudahnya, pengemudi tinggal menginjak pedal gas dan setir akan bergerak sendiri sesuai kebutuhan. Meski begitu, ada sinyal yang akan meminta pengemudi untuk tidak melepaskan sepenuhnya tangan dari setir sebagai antisipasi kemungkinan terburuk.

Nissan Serena di Indonesia

Nissan memang akan memboyong Serena terbaru ke Indonesia, namun sayangnya, fitur ProPILOT sudah dipastikan tidak akan hadir pada Serena versi Indonesia. Meski begitu, Anda tidak perlu berkecil hati, karena Nissan di Indonesia telah menerapkan visi teknologi Nissan Intelligent Mobility pada beberapa produk unggulannya seperti: X-Trail, Navara, dan Grand Livina.

Nissan Serena 2017 dengan fitur ProPILOT (Foto: Youtube)

Sejumlah teknologi unggulan Nissan seperti Active Ride Control, Active Trace Control, Active Engine Brake, Nissan Safety Shield, Xtronic CVT Advanced Technology, Hands Free Power Door, Hill Start Assist, Around View Monitor, juga mesin Hybrid pada X-Trail adalah sejumlah contoh penerapan Nissan Intelligent Mobility. Setidaknya, kita tinggal mengharap dengan sabar bahwa Nissan akan mendatangkan teknologi ProPILOT suatu saat nanti.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY