Lagi-Lagi Masalah Airbag, BMW Recall 200.000 Unit Mobilnya

Lagi-Lagi Masalah Airbag, BMW Recall 200.000 Unit Mobilnya

552
0
BERBAGI
(foto : dw.com)

Recall mobil BMW besar-besaran terjadi di China. Setelah menemukan cacat pada airbagnya, BMW China melakukan recall kepada hampir 200 ribu unit mobilnya. Berdasarkan data General Administration of Quality Supervision Inspection and Quarantine (ASDIQ) China, sebanyak 168.861 unit mobil yang ditarik merupakan produksi Desember 2005 hingga Desember 2011 dan 24.750 unit diproduksi antara Juli 2005 dan Desember 2011. Semua unit yang akan di-recall merupakan produk impor, bukan produksi lokal China.

ASDIQ menjelaskan bahwa bagian airbag yang rusak adalah gas generator pada komponen airbag yang bisa pecah secara tiba-tiba yang menyebabkan fitur pengaman itu terlontar disertai pecahannya. Kondisi ini tentu saja sangat membahayakan pengemudi dan penumpang depan. Pihak BMW disebutkan akan mengganti gas generator di airbag pada mobil yang terdampak recall secara gratis.

Bukan yang Pertama Kalinya

Kampanye recall ini sebenarnya pernah terjadi sebelumnya dengan kasus yang berbeda. Jadi ini adalah recall ketiga BMW di China, karena ini merupakan yang kali kedua dalam sebulan terakhir terkait dengan airbag. Pada awal Desember lalu, BMW China mengumumkan penarikan 22.543 unit merek BMW dan Rolls-Royce impor karena airbag pada mobil-mobil produksi 2011 dan 2012 itu berpotensi tidak bisa mengembang saat terjadi kecelakaan karena kesalahan pemrograman.

fitur yang harusnya jadi penyelamat jangan sampai malah merugikan pengendaranya (foto : Automotive News)

Sayangnya, di berita-berita yang beredar tidak disebutkan dengan detail seri BMW dan Roll Royce apa saja yang terkena recall. Kurang jelas juga kasus apa yang menimpa BMW sebelumnya sehingga mereka harus melakukan recall untuk mobil-mobilnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY