Mana Lebih Aman, Cuci Mobil Pakai Air Sumur Atau PDAM?

Mana Lebih Aman, Cuci Mobil Pakai Air Sumur Atau PDAM?

460
0
BERBAGI
(foto : Aliexpress)

Mencuci mobil adalah salah satu cara murah agar mobil anda tampak bersih dan sedap dipandang. Tidak perlu masuk ke tempat cucian mahal atau salon mobil yang pasti akan menarik budget lebih untuk sekedar mencuci mobil, anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Selain menjadi lebih sedap dipandang, mobil yang sering dicuci bodinya bisa lebih awet karena sisa-sisa air hujan bisa cepat hilang sehingga korosi dapat dihindarkan.

Sayang, kadang-kadang kita tidak memperhatikan kualitas air yang akan kita pakai untuk mencuci mobil. Kita harus memperhatikan sumber airnya, karena sangat dilarang menggunakan air yang memiliki kadar asam tinggi. Kadar asam yang tinggi ini tidak berbeda jauh dengan air hujan, bersifat korosif, dan juga tidak baik untuk kaca dan karet-karet kaca.

Air Sumur atau PDAM?

Sumber air yang dimiliki oleh kebanyakan orang di rumahnya masing-masing adalah sumber air dari PDAM dan sumur. Selama ini memang banyak yang menganggap bahwa air sumur selalu lebih bersih dan lebih alami daripada air PDAM, tetapi sayangnya lagi, pemilik rumah sering tidak memperhatikan lingkungan sekitar sumber air sumurnya. Tanah adalah media penyerapan yang sangat cepat melakukan penyerapan pada cairan, jika sumur anda dekat dengan pembuangan sampah atau bahkan mungkin dekat dengan septic tank, maka hampir bisa dipastikan air sumur anda tercemar.

hati-hati dengan bagian mobil yang tidak terlihat, ditambah lagi dengan penggunaan air yang mengandung asam tinggi, body mobil akan cepat keropos (foto : bengkel cat Laris Abadi)

Air yang dialirkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) malah bisa lebih bersih dan mengandung asam yang rendah. Hal ini dikarenakan sebelum didistribusikan, PDAM seudah melakukan pemurnian dulu kepada airnya. Tentu saja jika kondisinya seperti ini, maka air PDAM lebih baik untuk dipakai mencuci, karena kandungan asamnya tidak tinggi, juga minim kandungan logam berat sehingga jika dipakai mencuci mobil tidak bersifat korosif dan tidak membuat kaca cepat berjamur.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY