Suzuki Swift Terbaru Resmi Meluncur, Punya 6 Varian Termasuk Mesin Hybrid!

Suzuki Swift Terbaru Resmi Meluncur, Punya 6 Varian Termasuk Mesin Hybrid!

454
0
BERBAGI
Suzuki Swift terbaru meluncur di Jepang (Foto: Suzuki)

Setelah sebelumnya marak beredar foto spyshot dari Suzuki Swift generasi terbaru, akhirnya hatchback andalan Suzuki itu resmi meluncur di Jepang, Selasa (27/12/2016). Meski begitu, spesifikasi dari mobil ini baru akan mulai dijual pada 4 Januari 2017.

Suzuki memberikan platform baru Heartect untuk mobil ini. Imbasnya, bobot Swift jadi lebih ringan namun lebih kaku dan memiliki performa yang diklaim lebih baik dari model lamanya. Selain penggunaan platform Heartect, apa lagi yang didapatkan oleh mobil ini?

Desain Eksretior dan Interior

Meskipun siluet Swift tak terlalu berbeda dari sebelumnya, namun secara dimensi mobil ini mendapat penyesuaian sehingga  lebih panjang 10 mm (3.840 mm), lebih pendek 10 mm (1.525 mn) dari sebelumnya, namun masih memiliki lebar yang sama dengan sebelumnya, yakni 1.695 mm. Swift terbaru mendapatkan gril dan bemper baru serta lampu depan LED dengan desain yang kian tipis. Selain itu, desain pilar C-nya memberikan kesan floating roof. Untuk memberikan detail minimalis, door handle di bagian penumpang belakang diletakkan di samping sehingga seakan tidak memiliki gagang pintu.

Interior Swift trbaru (foto: Suzuki)

Pindah ke dalam, kita akan menjumpai desain dashboard baru dan lingkar kemudi bergaya flat bottom. Suzuki juga membekali mobil ini dengan enam buah airbags dan sistem pengereman dengan ABS. Pada varian tertingginya, Swift dilengkapi sistem laser untuk brake assist, autonomous emergency braking, lane departure warning, dan adaptive cruise control.

Varian yang Tersedia

Di Jepang, Swift terbaru hadir dalam dua pilihan mesin, yakni mesin bensin K10C 3-silinder 1.0L Boosterjet dengan turbo yang menghasilkan tenaga 102 PS dan torsi 150 Nm serta diesel K12C 4-silinder 1.2L Dualjet bertenaga 91 PS dan torsi 118 Nm. Untuk varian yang ditawarkan ada enam varian, yakni: RSt, Hybrid RS, RS, Hybrid ML, XL, dan XG.

Swift hadir dalam 6 varian tipe (Foto: Suzuki)

Untuk detailnya, mesin 1.0L hanya ditawarkan pada varian RSt yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Sedangkan pada varian RS, XL dan XG, mesin yang digunakan adalah yang berkapasitas 1.2L dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan atau CVT.

Varian hybrid juga ada di Swift terbaru (Foto: Suzuki)

Pada varian Hybrid RS dan Hybrid ML, teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) menjadi andalan bersama dengan mesin diesel 1.2L. Seperti sudah kita ketahui, teknologi SHVS telah lebih dahulu menghuni kompartemen mesin dari model Ciaz dan Ertiga. Semua varian hybrid menggunakan transmisi CVT. Untuk harganya di Jepang, Swift dijual mulai dari 1.343.520 Yen (Rp 153,84 juta) hingga 1.941.840 Yen (Rp 222,35 juta).

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY