Bolehkah LCGC Diisi Bensin Campuran?

Bolehkah LCGC Diisi Bensin Campuran?

1633
0
BERBAGI
(Foto: Ototaiment)

Mobil-mobil berjenis LGCG atau mobil murah beremisi rendah saat ini menjadi mobil yang sedang digemari oleh masyarakat. Harganya yang murah karena regulasi pemerintah, juga diklaim irit bahan bakar menjadi iming-iming yang menarik bagi para calon pembeli. Konsekuensi dari mesin yang rendah emisi ini adalah pemerintah juga membatasi bahwa mobil ini harus menggunakan bahan bakar minimal RON 92.

Tapi masih sering terjadi pada para pengguna mobil yang mencampur-campur bahan bakar yang digunakan. Lalu apakah ada pengaruhnya jika misalnya bahan bakar yang dipakai adalah campuran? Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan bahwa semua itu tergantung pada jenis dan komposisi campurannya. “Kalau mengikuti regulasi ‘kan pakai RON 92, tapi kalau secara teknis, kalau bensinnya dicampur ruang bakar bisa kotor,” ujar Anjar. Misalnya anda mengisi bensin campur-campur ini karena kepepet, tidak masalah karena tidak terjadi terus-terusan. Kebalikannya, jangan menggunakan secara terus-terusan karena pencampur bisa memastikan komposisi campurannya, sehingga bisa berakibat buruk.

Pakai Oktan Lebih Tinggi

Jangan pernah anda memakai campuran bahan bakar dengan nilai oktan lebih rendah, karena yang beredar di Indonesia, bahan bakar dengan RON 92 ke atas mengandung aditif yang berguna untuk membersihkan kerak di ruang bakar. Sementara yang lebih rendah seperti bensin RON 88 justru bisa menyisakan kerak jika dipakai terus menerus.

hindari menggunakan BBM beroktan rendah, karena bisa merugikan mesin mobil anda (foto : Pertamina)

Lalu bagaimana jika dicampur dengan BBM beroktan lebih tinggi? Bahan bakar dengan oktan lebih tinggi malah bisa membuat mobil lebih responsif dan bersih, gas buangnya juga rendah emisi. “Kalau pakai campuran dan oktannya lebih tinggi, maka performanya bisa lebih enteng, tarikannya juga enak,” tutup Anjar. Jadi lebih baik memang memakai bahan bakar yang cocok saja dengan rekomendasi pabrikan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY