5 Fakta Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

1864
1
BERBAGI

Teknologi ramah lingkungan belakangan ini banyak dikembangkan oleh pabrikan otomotif untuk mobil-mobil produksinya. Salah satu pabrikan yang juga mulai mengembangkan mesin ramah lingkungannya adalah Suzuki. Kabarnya, Suzuki Indonesia tahun depan akan memasukkan Ertiga bermesin diesel hybrid ke Indonesia. Lalu apa saja yang menarik dari mobil ini? Otostop akan mengulas lima fakta yang beredar tentang Suzuki Ertiga Diesel Hybrid!

1. Masuk Kelas Low MPV

Meskipun bakal memakai mesin berteknologi hybrid, namun Suzuki Ertiga Diesel Hybrid disebut akan tetap digolongkan sebagai mobil di segmen low MPV. Ini berarti,  besar kemungkinan harga jual Ertiga Diesel Hybrid tidak akan terlalu jauh dari Ertiga bermesin konvensional. Kedatangan Ertiga Diesel Hybrid di tahun 2017 tentunya akan  lebih meramaikan Persaingan mobil Low MPV di indonesia yang saat ini sudah dihuni oleh Honda Mobilio, Toyota Avanza, Nissan Grand Livina maupun Daihatsu Xenia.

2. Bermesin Turbodiesel

Di India, Ertiga Diesel Hybrid hadir dengan menggunakan mesin 1.300 cc 4 silinder turbo. Mesin berkode D13A ini dikombinasikan dengan teknologi yang bernama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SVHS) serta beberapa komponen canggih seperti Integrated Starter Generator (ISG) yang bertugas untuk menggantikan alternator konvensional dan juga membantu pergerakan mesin dieselnya. Teknologi SHVS-nya sendiri juga mendapat tambahan komponen yang akan membantu untuk mengejar efektifitas dan efisiensi seperti Torque Assist. Tenaga yang bisa dikeluarkan oleh kombinasi mesin ini memang kecil, hanya sekitar 88,7 Hp tapi mampu menghasilkan torsi sebesar 200 Nm!

3. Berjenis Mild Hybrid

Mesin berteknologi SHVS yang dipakai Ertiga Diesel Hybrid ini dapat dikategorikan sebagai mesin berjenis mild hybrid. Ini berarti mesin dieselnya tetap akan menjadi penggerak utama bagi mobil, sedangkan motor listrik dan baterai hanya bertugas membantu saja di saat-saat tertentu. Motor listrik tidak menjadi penggerak bagi mobil secara independen, jadi berbeda dengan teknologi active hybrid maupun plug-in hybrid yang bisa menggerakkan mobil secara independen.

4. Konsumsi BBM Irit

Dari data yang beredar, mobil berteknologi mild hybrid ini mempunyai konsumsi bahan bakar yang sangat irit, bahkan diklaim bisa setengah dari konsumsi bahan bakar Ertiga bensin. Suzuki Ertiga Diesel Hybrid yang sudah beredar di India bisa meraih konsumsi BBM hanya 24,52 km per liter berdasarkan Sertifikasi Asosiasi Riset Otomotif India. Di atas kertas, hasil ini lebih baik sekitar 44% daripada Ertiga bensin, tapi tentu saja, karakter pengemudi akan mempengaruhi konsumsi bahan bakarnya.

5. Hanya Bertransmisi Manual

Meskipun mobil ini terbilang sebagai mobil yang irit, namun beberapa orang mungkin akan kecewa karena Ertiga Diesel Hybrid ini hanya akan memiliki pilihan transmisi manual saja. menurut Harold Donnel selaku 4 Wheels Head of Product Development Suzuki Indomobil Sales, biasanya konsumen yang memilih mesin diesel adalah orang-orang tua yang masih fanatik dengan transmisi manual. Meski begitu, salah satu hal yang menarik dari mobil ini adalah adanya gear shift indicator yang akan memberi tahu kita kapan untuk turun atau naik gigi.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY