Ini Dia Hasil Uji Tabrak Honda Freed 2017

Ini Dia Hasil Uji Tabrak Honda Freed 2017

1191
0
BERBAGI
All New Freed meraih hasil uji tabrak yang memuaskan (Foto: Honda)

Meskipun PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku pemegang merek Honda di Indonesia telah menegaskan bahwa pihaknya tidak akan membawa Freed 2017 ke Indonesia, namun rasanya tidak berlebihan jika kita berharap HPM akan mengubah keputusan tersebut.

Sebelum kemungkinan itu menunjukkan tanda-tanda positif, ada baiknya jika kita melihat terlebih dahulu hasil uju tabrak mobil ini untuk mengetahui seberapa amankah Freed terbaru bagi penumpangnya. Uji tabrak pada Honda Freed 2017 dilakukan oleh Japan NCAP (New Car Assesment Programme)  dan meliputi beberapa tahapan untuk memastikan tingkat keamanan mobil tersebut. Unit yang diuji adalah Honda Freed Hybrid G.

Tabrakan Frontal, Offset Frontal dan Side Collision

Tahapan pertama yang diuji oleh Japan NCAP adalah simulasi tabrakan frontal (full-wrap frontal collision), di mana mobil akan dilajukan lurus dan ditabrakkan pada objek keras untuk mengecek imbasnya pada seluruh bagian depan mobil. Tak hanya itu, tes tabrak bagian depan juga dilakukan dengan metode offset frontal collision test yang menabrakkan setengah dari bagian depan mobil saja.

Tes selanjutnya adalah pengetesan tabrak dari samping (side collision test). Ketiga tes ini bermaksud untuk mengetahui sejauh mana struktur dan fungsi alat penunjang keselamatan (seatbelt, airbag serta perangkat keselamatan penumpang lainnya) pada Honda Freed 2017 berfungsi. Boneka pengujian (crash test dummies) yang berada di dalam mobil juga turut diobservasi untuk melihat potensi cedera yang ditimbulkan seperti pada bagian kepala, lutut, kaki, lengan dan bagian tubuh lainnya). Hasilnya, Honda Freed 2017 terbukti mampu melindungi penumpang di kabin dengan baik.

Hasil Pengujian

Setelah melakukan pengujian, Japan NCAP kemudian merekap data tabrakan sehingga menghasilkan data valid mengenai uji tabrak Honda Freed 2017 tersebut. Dari hasil tersebut, Honda Freed 2017 mendapatkan poin 90,12 poin untuk perlindungan terhadap penumpang (Occupant Protection). Angka yang terbilang tinggi ini didapatkan karena Freed 2017 memeiliki struktur bodi yang kuat dan didukung sejumlah fitur keselamatan seperti dual airbags, side curtain airbag, Vehicle Stability Control dan lainnya.

Beginilah hasil lengkap uji tabrak Honda Freed 2017 (Foto: Japan NCAP)

Selain Occupant Protection, Japan NCAP juga merilis data mengenai perlindungan terhadap pejalan kaki (Pedestrian Protection) dari Honda Freed 2017. Hasilnya, diraihlah angka 72,73 poin yang didapat dari hasil benturan berdasarkan ketinggian bumper, desain gril, sudut kemiringan bonnet serta posisi wiper dan kelandaian pilar A, yang menjadi penentu poin perlindungan pada pejalan kaki.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY