VW Golf GTI Clubsport Edition 40, Gagah!

VW Golf GTI Clubsport Edition 40, Gagah!

490
0
BERBAGI
(foto : Autocar)

Menyambut perayaan 40 tahun produksi Golf, Volkswagen memproduksi hal yang menarik menggunakan basis VW Golf GTI. Pabrikan mobil asal Jerman ini melakukan sejumlah ubahan pada VW Golf GTI, hingga akhirnya berhasil meluncurkan VW Golf GTI Clubsport Edition 40. Mobil ini tentu saja dirancang untuk menjadi mobil yang spesial, selain tampak pada perubahan eksteriornya, yang menjadikannya semakin sepesial adalah mobil ini hanya diproduksi sebanyak 1.000 unit saja.

Perubahan yang paling terlihat adalah pada bagian eksteriornya. Warna yang dilaburkan pada mobil ini adalah full black, tidak ada bagian yang berwarna lain, semuanya hitam kecuali mika lampu dan logo ‘GTI’ di pintu belakang yang berwarna merah. Selain pada bodi, warna hitam juga dipakai untuk mewarnai peleknya. Lalu bagian yang juga menjadi pembeda dengan VW Golf GTI biasa adalah sisi bumper depan, diffuser serta buritan yang dibuat lebih sporty.

Mesin Lebih Bertenaga

Mobil ini menjadi sangat spesial tentu saja bukan karena ada perubahan pada bagian eksteriornya saja, tetapi juga mengusung dapur pacu yang berbeda. Mobil ini dipercaya untuk mengusung mesin yang lebih besar dari Golf GTI biasa. Mesin yang digunakan untuk mobil ini adalah mesin 2.000 cc TFSI Turbocharged. Tenaga yang dihasilkan juga tidak main-main, 256 Hp dengan torsi 350 Nm, dan tambahan mode Overboost yang bisa menambah tenaga mobil hingga menjadi 286 Hp jika diaktifkan, tapi tentu saja tidak permanen, karena mode ini hanya bekerja selama 10 detik.

Mesin TFSI 2000cc yang dipakai oleh Golf edisi spesial ini. Lebih bertenaga! (foto : AutoEvolution)

Mesin ini juga lebih istimewa karena turbonya menggunakan sistem pendingin cairan, jadi tentu saja kerja turbonya akan lebih maksimal karena pendinginannya pun lebih maksimal menggunakan cairan daripada hanya menggunakan angin biasa. Mobil ini dapat mencatatkan waktu akselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 6,3 detik, baik dengan menggunakan transmisi manual maupun DSG. Total power yang dihasilkan oleh mobil ini mempunyai selisih sekitar 39 Hp lebih besar jika dibandingan dengan Golf GTI biasa, namun sayangnya kecepatan mobil ini dibatasi secara elektronik, jadi maksimal hanya bisa melaju secepat 250 km/jam.

Emblem yang menjadi tanda di Golf edisi spesial ini (foto : Autocar)

Perubahan yang dilakukan pada mesin dan eksterior tentu saja diiringi oleh perubahan pada interior, salah satunya adalah jok Golf GTI Clubsport Edition 40 yang dibuat dengan balutan kulit alcantara, juga beberapa bagian lain. Volkswagen juga memberikan tanda untuk mobil ini dengan menempelkan logo di bagian dashboard yang bertuliskan ‘GTI Clubsport Edition 40’. Kabarnya, mobil ini sudah tidak bisa dibeli lagi karena seluruhnya sudah habis dipesan.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY