Perempuan Pertama yang Mengelilingi Dunia Naik Mobil

Perempuan Pertama yang Mengelilingi Dunia Naik Mobil

332
0
BERBAGI
(foto : Aloha Wanderwell)

Hasrat untuk berpetualang dan keliling dunia sudah dimiliki oleh manusia sejak jaman dahulu kala. Dari masa-ke masa, pasti ada orang yang selalu mempunyai nafsu untuk bisa mengelilingi dunia, entah dengan menggunakan kendaraan ataupun jalan kaki. Status gender pun juga tidak bisa membatasi keinginan untuk berpetualangan mengelilingi dunia, perempuan atau laki-laki, asal sudah memiliki niat maka tetap saja akan berangkat berpetualang.

Pada tahun 1922, seorang perempuan muda berhasil mencetak sejarah dan mencatatkan dirinya sebagai perempuan pertama yang mengelilingi dunia menggunakan mobil. Perempuan remaja ini bernama Idris Galcia Hall atau lebih akrab dipanggil Aloha Wanderwall. Perempuan yang berasal dari Kanada lalu pindah ke Prancis sejak ayahnya tewas dalam Perang Dunia I ini memulai petualangannya pada tahun 1922 saat berumur 16 tahun. Mobil yang dipakai sebagai kendaraan petualangannya adalah Ford Model T.

Awal Cerita

Perempuan kelahiran 13 Oktober 1906 itu terinspirasi untuk melakukan perjalanan berkeliling dunia setelah membaca buku-buku petualangan milik ayahnya. Sejak saat itu, hasratnya untuk berkeliling dunia pun mulai tersulut. Beruntung, suatu hari Aloha menemukan sebuah iklan di koran Prancis yang sedang mencari perempuan pemberani untuk mengikuti ‘Brains, Beauty & Breeches – World Tour Offer For Lucky Young Woman’ yang mau melakukan ekspedisi bersama Kapten Walter Wanderwall atau bernama asli Valerian Johannes Piecynski.

kisah petualangannya juga diabadikan menjadi kartu pos (foto : Aloha Wanderwell)

Pria petualang yang juga mantan pelaut itu mencari perempuan yang fasih berbicara bahasa Prancis dan juga mampu mengendarai mobil. Tujuan dari perjalanan ini adalah untuk mengkampanyekan perdamaian. Akhirnya, Aloha pun mendapat kesempatan ini dan memulai perjalanan keliling dunia bersama kaptennya, yang pada akhirnya, laki-laki inilah yang kemudian menjadi suami Aloha.

Perjalanan Panjang Tanpa Teknologi Canggih

Jika anda membayangkan sebuah perjalanan panjang di era modern ini, pasti anda tidak berpikir akan mengalami kesulitan yang berarti. Era digital seperti saat ini sudah banyak perangkat yang bisa membantu memudahkan petualangan anda. Mulai dari GPS, teknologi yang mendukung mobil anda, mesin yang sudah canggih, hingga perangkat-perangkat pendukung lainnya, sedangkan perjalanan yang ditempuh Aloha saat itu? Berat sekali!

perjalanan tidak selalu menggunakan jalur darat, kadang harus menggunakan kapal melewati jalur laut. Mobil harus diangkat untuk bisa masuk ke dalam kapal (foto : Aloha Wanderwell)

Teknologi yang digunakan pada waktu itu tentu saja teknologi yang terbatas. Mesin mobil yang sangat sederhana pun sepertinya sudah dianggap yang paling canggih pada masanya. Anda bisa bayangkan dimana Aloha mengisi bensin mobilnya sepanjang perjalanan ini? Tentu saja belum ada SPBU seperti saat ini. Untuk bahan bakarnya, mereka menggunakan berbagai jenis pembakar, seperti minyak tanah, minyak nabati yang dihasilkan dari pisang, dan oli mesin yang diambil dari lemak gajah!

Aloha saat sampai di Singapore pada tahun 1924 (foto : Aloha Wanderwell)

Perjalanan panjang yang dimulai pada bulan Oktober 1922 ini mengambil awal di Italia, kemudian berhasil diselesaikan pada bulan Desember 1928 di Paris, Perancis. Perjalanan panjang dan tidak mudah, walaupun dilakukan berdua. Teknologi yang terbatas, pengetahuan yang terbatas, tetapi dengan keinginan dan niat yang tidak ada batasnya maka perjalanan ini berhasil selesai dan sejarah pun berhasil terukir.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY