Begini Cara Merawat Mobil Setelah Kehujanan Agar Tidak Cepat Muncul Jamur di...

Begini Cara Merawat Mobil Setelah Kehujanan Agar Tidak Cepat Muncul Jamur di Body

2891
0
BERBAGI
(foto : Zastavki)

Dalam kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, datangnya hujan kadang tidak dapat diprediksi. Bisa saja pagi hari cuaca sangat cerah, tiba-tiba siang hari hujan turun dengan derasnya. Bagi para pengguna mobil, hujan memang tidak menjadi masalah, karena tidak akan membasahi penumpangnya. Tetapi sadarkah anda bahwa air hujan bersifat korosif dan bisa memunculkan jamur pada bodi mobil anda?

Kenapa bisa begitu? Hal ini disebabkan karena air hujan mengandung asam yang tinggi, apalagi di era modern seperti ini. Asam yang tinggi pada air hujan disebabkan oleh karena udara yang sudah tercemar polusi berat ikut terkondensasi bersama awan hingga akhirnya jatuh sebagai air hujan. Maka tidak heran jika air hujan bisa bersifat sangat korosif terhadap bodi mobil, juga menimbulkan flek dan jamur pada cat mobil.

Merawat Mobil setelah Kehujanan

Setelah mobil anda terkena air hujan, ada baiknya langsung dibersihkan. Jika anda punya waktu luang setelah beraktifitas seharian, tidak ada salahnya anda bersihkan sendiri. Cara paling mudah adalah membilas dulu seluruh tubuh mobil anda dengan air tawar bersih. Perhatikan bagian-bagian kecil pada bodi mobil anda, pastikan tidak ada sisa air hujan yang tertinggal. Setelah itu, kolong mobil dan bagian kaki-kaki perlu anda perhatikan. Semprot dengan air bertekanan tinggi, agar sisa-sisa lumpur, tanah, dan bekas-bekas air hujan bisa bersih semua.

jangan lupa untuk mengeringkan dengan baik mobil anda setelah mencuci (foto : Fastnlow)

Setelah anda bilas dan tidak ada lagi air hujan yang tertinggal, kemudian sabunlah seluruh bodi mobil anda. Gunakan shampo mobil yang mempunyai ph balanceĀ bagus untuk membantu merawat cat dan bodi mobil anda. Selesai mencuci mobil, dan mengeringkannya, ada baiknya jika anda poleskanĀ wax untuk tambahan perlindungan pada bodi mobil, jadi tidak mudah terjadi flek dan jamur pada cat mobil anda. Itu hal-hal mudah yang bisa anda lakukan sendiri untuk merawat mobil setelah kehujanan. Jika anda tidak punya waktu lebih, bawalah mobil anda ke tempat cuci mobil, dan lakukanlah perawatan cat di salon mobil yang sudah anda percaya. Selamat mencoba!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY