Mencuci Mobil Dengan Shampo Rambut, Apa Efek Buruknya?

Mencuci Mobil Dengan Shampo Rambut, Apa Efek Buruknya?

4599
0
BERBAGI
(foto : Tokopedia)

Untuk menjaga tunggangannya agar selalu terlihat menawan, banyak pemilik mobil yang rela meluangkan waktu untuk merawat mobilnya. Hal yang paling lumrah dilakukan oleh para pemilik mobil adalah mencuci mobilnya. Mencuci mobil adalah hal yang paling sederhana dalam perawatan mobil, tapi walau begitu, masaih banyak yang salah kaprah dalam hal ini.

Salah satu kesalahan yang sering terjadi ketika mencuci mobil adalah mencuci mobil dengan shampo rambut. Di luar sana memang banyak beredar tentang mitos-mitos sabun mana yang baik untuk mencuci mobil. Banyak yang berpendapat bahwa shampo rambut dan sabun cuci piring baik untuk cuci mobil karena tidak mengandung detergen, dan aman bagi cat, sehingga banyak pemilik mobil yang akhirnya menggunakan kedua jenis sabun ini untuk mencuci mobilnya. Hal ini juga didukung oleh mudahnya mendapat kedua jenis sabun ini, daripada harus mencari shampo mobil di toko variasi mobil dengan harga yang juga tidak murah, maka shampo rambut dan sabun cuci piring jadi penggantinya.

Perhatikan Juga Kondisionernya

Memang betul, kedua sabun tadi tidak mengandung detergen, tapi zat lain yang juga harus anda perhatikan adalah kondisioner yang terkandung di dalam shampo rambut. Sekali dua kali mencuci mobil menggunakan shampo memang bisa membuat mobil kelihatan bersih, sama dengan saat mencuci mobil menggunakan shampo mobil, tetapi jika dipakai secara terus menerus, cat mobil lama kelamaan bisa terlihat kusam. Hal ini disebabkan karena kondisionernya tidak sesuai dan tidak mengandung teknologi proteksi untuk melindungi bodi, baik dari sinar matahari maupun dari air hujan dan debu-debu di jalan.

mencuci mobil jangan sembarangan menggunakan sabun. pakailah sampo mobil berkualiatas baik (foto : Tokopedia)

Shampo yang paling baik digunakan untuk mencuci mobil adalah shampo yang benar-benar diperuntukkan untuk mencuci kendaraan. Shampo mobil memiliki ph balace yang bagus, sehingga bisa membantu anda merawat cat mobil anda. Jika ingin membuat bodi mengkilap lebih lama, bisa menambahkan tahap poles dengan menggunakan wax, karena mencuci mobil saja tidak bisa membuat cat mobil anda mengkilap sempurna. Jangan lupa untuk menggunakan lap yang halus, salah-salah, setelah mencuci mobil malah bisa timbul baret-baret halus pada bodi mobil anda.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY