Inilah Toyota GT86 Tercepat di Dunia!

Inilah Toyota GT86 Tercepat di Dunia!

1367
0
BERBAGI
(foto : Ekanoo Racing)

Beberapa minggu belakangan ini, di media sosial para penggemar balap lintasan lurus atau drag race beredar video balap yang menjadi viral. Bagaimana tidak menjadi viral, video tersebut menampilkan mobil yang selama ini tidak terlalu diunggulkan mesinnya, tetapi malah berhasil mencatatkan waktu yang luar biasa. Video tersebut diunggah pertama kali oleh tim balap Ekanoo Racing yang berasal dari Bahrain, dan mobil tersebut adalah salah satu mobil balap andalannya.

Mobil yang tampak dalam video tersebut adalah Toyota GT 86. Mobil ini memang tidak menjadi favorit di lintasan balap apapun, karena menurut banyak mekanik, kemampuan mesin mobil ini hanya pas-pasan. Kalaupun untuk balap, engine swap adalah satu-satunya pilihan yang banyak dilakukan oleh para mekanik. Toyota GT 86 milik Ekanoo Racing tersebut sepertinya memang sudah mendapat ubahan total, karena dalam rekaman video tersebut Toyota GT 86 milik Ekanoo Racing berhasil meraih top speed secepat 402 Km/jam dan mencatatkan waktu selama 5,753 detik saja untuk jarak 402 meter atau quater miles! Catatan waktu yang maha dahsyat, bahkan mobil-mobil di kelas Pro Stock balapan drag legendaris garapan National Hot Rod Asosiation, pun jarang ada yang bisa menorehkan angka di bawah 6 detik.

Spesialis Mobil-Mobil Mahal

Walaupun tidak ada pernyataan resmi dari Ekanoo yang menyebutkan mesin apakah yang dipakai oleh Toyota GT 86 ini, tetapi netizen banyak yang menduga-duga bahwa mobil menggunakan mesin V8 bawaan Lexus, bahkan ada yang menduga bahwa mobil menggunakan mesin 2JZ bawaan Toyota Supra, karena di beberapa video lainnya juga terlihat Toyota GT86 drag yang diberi keterangan bahwa mesinnya memakai 2JZ. Yang jelas sih, tidak ada yang menduga bahwa mesin yang digunakan ini adalah mesin Toyota GT 86 standar.

Rasa penasaran kepada tim balap ini kemudian membawa saya untuk membuka semua sosial media yang dimiliki oleh Ekanoo Racing. Mobil-mobil yang menjadi andalan mereka di dunia balap lurus memang bukan mobil-mobil yang biasa menjadi favorit di lintasan drag race, katakanlah Toyota GT 86, Lexus RCF, Nissan GT-R, Lexus LFA, dan beberapa mobil hasil modifikasi lainnya. Sayangnya, tim ini sepertinya memang lumayan tertutup untuk membagi spesifikasi mesin yang dipakai pada mobil-mobil balapnya. Tetapi jika didengar dengan cermat dari suaranya, mobil-mobil Jepang ini masih memakai mesin buatan Jepang, apalagi kelas yang diikuti adalah kelas Imports.

Salah satu Toyota GT86 garapan Ekanoo yang menggunakan mesin 2JZ bawaan Toyota Supra. Fire breath 86! (foto : Ekanoo Racing)

Selain mobil-mobil Jepang, foto-foto yang diunggah ke Instagram dan Facebook juga menunjukkan mobil-mobil Eropa dan Amerika hasil garapannya, seperti Porsche 993 dan Chevrolet Camaro. Jika dilihat dari bentuk sasis, roda-roda, dan bodinya, jelas saja mesin mobil-mobil ini sudah tidak standar. Jadi jangan salah jika suatu saat ada video yang memuat Porsche 993 bertampang cupu tapi mempunyai kemampuan mesin luar biasa, mungkin saja itu hasil garapan Ekanoo Racing. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY