Babak Baru Pelarangan BMW, Porsche dan Nissan di Korea Selatan Akibat Kasus...

Babak Baru Pelarangan BMW, Porsche dan Nissan di Korea Selatan Akibat Kasus Emisi

159
0
BERBAGI
Korea Selatan telah melaran Nissan, BMW dan Porsche menjual mobilnya di sana (Foto: rttnews)

Masih ingatkah Anda pada sanksi berat yang dijatuhkan pemerintah negara Korea Selatan pada tiga produsen otomotif ternama: BMW, Porsche dan Nissan beberapa waktu lalu? Ketiga produsen otomotif tersebut dilarang untuk menjual produknya di Korea Selatan gara-gara diketahui melakukan manipulasi pada software yang digunakan untuk mengukur kadar emisi.

Kasus yang serupa dengan skandal dieselgate Volkswagen ini bermula saat pemerintah Korea Selatan menemukan satu model BMW, dua model milik Nissan dan tiga model Porsche telah terbukti melakukan pengubahan data melalui software untuk menghasilkan angka emisi mobil yang lebih rendah.

Kasus Kian Berlanjut

Dari enam mobil yang dianggap bermasalah, penyelidikan lebih lanjut terus dilakukan dan menghasilkan temuan lagi sebanyak 10 model dari ketiga produsen tersebut yang bermasalah. Kesepuluh mobil tersebut adalah: BMW X5 M, Nissan Qashqai, Infiniti Q50, Porsche Macan S Diesel, Cayman SE Hybrid & Turbo, 918 Spyder, Cayman GTS, 911 GT3 dan Panamera SE Hybrid. Sembilan model mobil telah dilarang dijual sejak Desember 2016 lalu, sedangkan khusus Nissan Qashqai diesel bahkan sudah dilarang sejak bulan Juni 2016.

Nissan Qashqai (foto : Nissan UK)

Pemerintah Korea Selatan telah menjatuhkan sanksi denda pada ketiga produsen tersebut, dan total dendanya mencapai 7,17 miliar Won atau sekitar Rp 79,9 miliar. Denda sebanyak ini dikarenakan total kendaraan bermasalah yang sudah kadung terjual mencapai 4.523 unit. Untuk saat ini, baru Nissan dan BMW yang memberi tanggapan akan kasus ini dan menyatakan akan mempelajari temuan pemerintah Korea Selatan sambil melakukan cek ulang sertifikasi.

Ketatnya Korea Selatan

Seperti halnya Amerika Serikat, Korea Selatan menjadi salah satu negara yang bereaksi cukup keras pada skandal yang dilakukan oleh Volkswagen di tahun 2015 lalu. Pemerintah setempat bahkan telah melayangkan protes pada para eksekutif Volkswagen yang dilanjutkan dengan melarang penjualan hampir semua model mobil bermasalah dan memberikan sanksi denda.

Kecurangan VW berdampak besar pada dunia otomotif (Foto: gettyimages)

Tak berhenti di situ, pemerintah Korea Selatan bahkan telah berniat untuk memperkarakan para mantan petinggi dan petinggi Volkswagen di Korea Selatan serta mengajukan denda sebesar 37,3 miliar Won (sekitar Rp 415 miliar) akibat Volkswagen dianggap memasang iklan yang salah mengenai emisi gas buang.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY