Telah Lama Mati, Pabrikan Mobil Tatra Bangkit Lagi

Telah Lama Mati, Pabrikan Mobil Tatra Bangkit Lagi

154
0
BERBAGI
Pabrikan mobil Tatra akan bangkit dan membuat mobil lagi (Foto: uniquecarsandparts)

Pernahkah Anda mendengar merek mobil Tatra? Kalaupun belum, tidak mengapa, karena produsen otomotif asal Ceko sekaligus salah satu produsen mobil tertua di dunia ini memang pernah berhenti memproduksi mobil pada tahun 1999.

Kali ini, kabar menggembirakan beredar. Tatra akan bangkit lagi! Kebangkitan Tatra ini didasari oleh adanya permintaan terhadap mobil yang tinggi. Sebelum ini, meskipun divisi mobilnya sempat mati, namun Tatra masih terus memproduksi truk berpenggerak all wheel drive. Kira-kira, seperti apa ya mobil yang akan dibuat Tatra nanti?

Mobil Klasik Terlebih Dahulu

Pada masa kejayaannya dulu, Tatra dikenal sebagai produsen mobil mewah dan canggih. Tidak hanya itu, Tatra juga menjadi salah satu pabrikan yang pertama menggunakan teknologi pendingin udara serta memikirkan faktor aerodinamika pada setiap desain mobilnya. Atas dasar inilah, rasanya wajar jika kita memprediksi Tatra akan melepas mobil-mobil modern nan canggih dan mewah.

Tatra T603, salah satu mobil terlaris Tatra (Foto: Hemmings)

Ternyata tidak juga, karena Tatra justru berencana untuk terlebih dahulu membuat mobil klasik sebelum membuat mobil penumpang modern. Menurut Tatra, permintaan terhadap mobil klasik saat ini masih cukup tinggi, sehingga mereka tertarik untuk meresponnya segera. Tapi kita harus bersabar, karena Tatra disebut baru akan mengumumkan kebangkitannya pada semester pertama 2017 ini, dan setidaknya baru tiga tahun kemudian bisa melepas produk baru jika berdasarkan pada lama rata-rata yang dibutuhkan dalam mengembangkan sebuah mobil baru.

Salah Satu yang Tertua

 

Tatra 87 (Foto: tatraworld)

Seperti yang sudah kami ungkap di awal, Tatra adalah salah satu pabrikan mobil tertua di dunia, setidaknya tertua kedua setelah Peugeot. Tatra mengawali kegiatan otomotifnya pada tahun 1850 dengan memproduksi kereta. Baru pada tahun 1897 lah Tatra membuat mobil pertama sekaligus menjadi perusahaan mobil pertama di Eropa Tengah.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY