Teknologi pada Mobil yang Mungkin Bisa Populer di Tahun 2017

Teknologi pada Mobil yang Mungkin Bisa Populer di Tahun 2017

247
0
BERBAGI
(sumber : the Zebra)

Untuk mengejar target penjualan, produsen otomotif saat ini tidak bisa membiarkan begitu saja mobil-mobil hasil produksinya lahir tanpa inovasi. Salah satu hal yang bisa merangsang konsumen untuk membeli mobil tentu saja adalah fitur-fitur yang disematkan pada mobil. Urusan fitur, tentu sangat dekat kaitannya dengan teknologi.

Beberapa teknologi utama yang dibuat berdasarkan isu-isu yang terjadi di muka bumi adalah teknologi yang berkaitan dengan efisiensi konsumsi BBM, dan teknologi yang berhubungan dengan keamanan-kenyamanan. Sementara ini, kedua isu tersebut menjadi perhatian utama bagi para produser sebagai dasar untuk mengembangkan teknologi pada mobil-mobil hasil produksinya. Carbuzz baru saja merangkum lima teknologi yang diprediksikan akan menjadi populer di dunia otomotif pada tahun 2017 ini. Berikut penjabarannya :

1. Self-Parking

Teknologi ini mengandalkan sensor dan kamera (sumber : AutoEvolution)

Teknologi ini pertama kali diperkenalkan oleh produsen BMW. Fitur ini disematkan pada produk BMW seri 7 dan menjadi salah satu fitur mewah yang ditawarkan oleh BMW. Namun belakangan ini beberapa produsen seperti Ford, Volkswagen, dan Toyota telah menggunakan teknologi ini pada produknya dan disertai dengan harga yang lebih murah. Teknologi ini memungkinkan mobil terparkir secara otomatis, dengan menggunakan kamera dan sensor.

2. Emergency Brake

Sensor akan memberi perintah pada master rem untuk melakukan pengereman dalam jarak tertentu (sumber : Netcarshow)

Fitur keamanan ini sedang menjadi perhatian besar dari Pemerintah Amerika Serikat, khususnya lembaga keselamatan dan keamanan jalan raya (NHTSA). Rencananya seluruh mobil yang dipasarkan di Amerika diharuskan menggunakan teknologi rem darurat. Tetapi atas riset yang belum sempurna, fitur ini masih memiliki banyak kecacatan dan malah mendapat beberapa tentangan.

3. Bahan Komposit Ringan

Serat karbon menjadi salah satu pilihan bahan yang ringan dan kuat untuk mobil (sumber : Composite Manufacturing Magazine)

Teknologi ini berkaitan dengan efisiensi konsumsi bahan bakar. Bahan komposit ringan ini akan digunakan untuk beberapa komponen mobil, yang tentu saja akan memperingan beban mobil, sehingga konsumsi bahan bakar pun akan bisa ditekan. Bahan ini diklaim mempunyai kelebihan, selain ringan namun tetap kuat.

4. Aerodinamis pada Mobil Listrik

Semakin baik aerodinamika sebuah kendaraan, maka akan semakin kecil pula daya yang dikeluarkan untuk menggerakkan kendaraan tersebut (sumber : Caricos)

Mobil bertenaga listrik yang mulai banyak digunakan, terus berevolusi selain dari kapasitas tenaga baterai yang lebih besar, penggunaan perangkat aerodinamika menjadi hal penting untuk efisiensi tenaga listrik yang digunakan. Salah satu contohnya pengembangan grill yang bisa buka dan tutup otomatis untuk meningkatkan aerodinamika.

5. Sistem Elektronik Baru 48 Volt

Sistem kelistrikan baru, akan meringankan kerja mesin (foto : Denso)

Sistem elektronik 48 volt pertama kali diperkenalkan oleh Mercedes Benz. Teknologi tersebut mampu mengurangi beban kinerja mesin, yang tujuannya agar konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY