Volvo Dipecundangi VW di Tanah Kelahirannya

Volvo Dipecundangi VW di Tanah Kelahirannya

157
0
BERBAGI
VW Golf jadi pemegang angka penjualan terbanyak di Swedia pada tahun 2016 (Foto: netcarshow)

Sebagai negara yang mempunyai ikon mobil kebanggaannya sendiri, Swedia justru menjadi tempat kejayaan mobil dari negara lain. Seperti kita ketahui, Volvo telah menjadi mobil yang paling dibanggakan rakyat Swedia, hingga membuatnya selalu bercokol diposisi puncak mobil terlaris di negara itu.

Kondisi ini berubah setelah baru-baru ini asosiasi produsen otomotif Swedia mengumumkan bahwa posisi puncak penjualan mobil di Swedia sepanjang 2016 telah direbut oleh Volkswagen (VW), produsen otomotif asal Jerman. Pencapaian VW ini langsung menggusur tahta Volvo yang selalu berjaya di negaranya selama 50 tahun terakhir.

Kalah Oleh Golf

Pencapaian VW di negeri Skandinavia itu diwakili oleh VW Golf yang berhasil mencatatkan angka 5,9 persen penjualan mobil baru. Meski kelihatannya hanya 5,9 persen, jangan salah, karena penjualan tiga model mobil terlaris Volvo (V70, S90 dan V90) digabungkan jadi satu pun angka yang diraih hanya 5,7 persen. Tentu saja tak ada apa-apanya dibandingkan VW golf yang meraih angka 5,9 persen sendiri.

VW Beetle juga sempat menguasai pasar mobil di Swedia pada tahun 1962 (Foto: otopark)

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Volvo harus mengaku kalah pada VW, karena pada tahun 1962 pun VW berhasil menyabet gelar mobil terlaris dan terpopuler di Swedia berkat adanya VW Beetle atau yang lebih kita kenal sebagai VW Kodok.

Kalah di Penjualan, Menang di Penguasaan Pasar

Volvo masih jadi ikon otomotif Swedia (Foto: topspeed)

Meski Volvo masih kalah dari segi penjualan, namun Volvo masih menguasai pasar mobil di Swedia dengan angka 21,5 persen. Tak heran jika Volvo masih terus menjadi ikon Swedia hingga saat ini. Lantas, berapa pangsa pasar VW di negara itu? Ternyata djauh di bawah Volvo, yakni berada pada angka 15,7 persen.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY