Gara-Gara Trump, Ford Batal Bangun Pabrik di Meksiko

Gara-Gara Trump, Ford Batal Bangun Pabrik di Meksiko

659
0
BERBAGI
Proyek pabrik Ford di Meksiko yang akhirnya harus mangkrak, karena ancaman Donald Trump (Foto : REUTERS/Christine Murray)

Seperti yang kita tahu, Amerika Serikat mulai tahun ini akan mempunyai presiden baru yang bakal dilantik pertengahan Januari nanti. Donald Trump, calon presiden Amerika tersebut, dikenal mempunyai tabiat buruk yang sudah membuat khawatir banyak pihak, terutama dari sektor perindustrian, termasuk otomotif. Trump yang mengkampanyekan untuk membeli mobil buatan Amerika, ternyata tidak hanya mempersempit ruang gerak pabrikan yang berasal dari luar Amerika, bahkan pabrikan yang berasal dari Amerika pun tetap merasa dipersulit untuk berkembang.

Setelah rencana Toyota untuk membangun pabrik di Meksiko yang mendapat ancaman dari Trump, kali ini Ford juga kena senggol. Sebelumnya, Ford sedang melancarkan rencananya untuk membangun pabrik di Meksiko, namun baru saja, Reuters memberitakan bahwa Ford tiba-tiba saja membatalkan pembangunan pabriknya di Meksiko. Hanya dalam hitungan beberapa hari, lahan yang sedang dalam proses pembangunan pabrik Ford ini langsung sepi dan ditinggalkan para kontraktornya. Tidak heran jika Reuters menyebutkan bahwa lahan ini sekarang menjadi seperti lahan pekuburan.

Proyek 1,6 Milyar Dolar Amerika

Sepertinya awal tahun ini sudah menjadi awal yang berat bagi Ford, bagaimana tidak, proyek yang dikabarkan senilai 1,6 Milyar Dolar Amerika ini tiba-tiba mangkrak dan ditinggalkan begitu saja. Bayangkan nilai kerugian yang diderita oleh Ford. Tidak hanya Ford, bahkan sudah banyak produsen komponen otomotif yang berharap mendapat berkah dari pabrik yang dibangun di San Luis Potosi, dimana industri di sana sangat tergantung pada industri otomotif. “Keputusan Ford membatalkan pabrik akan memberikan dampak yang sangat besar pada komunitas lokal di sini,” ujar Julian Eaves, Direktur Pelaksana Preferred Compounding de Mexico.

Pemandangan lahan proyek milik Ford Motor Co seharga $1.6 milyar yang sudah mangkrak beberapa hari ini (foto : REUTERS/Christine Murray)

Menteri Ekonomi Negara Bagian San Luis Potosi, Gustavo Puente pun baru mengetahui pembatalan ini satu jam sebelum Ford mengumumkannya kepada publik. “Ini akan merugikan buat kami,” ujar Gustavo Puente singkat. Rencana pembatalan pabrik produksi otomotif di Meksiko yang dialami oleh beberapa pabrikan ini disinyalir karena adanya ketakutan akibat ancaman Trump yang akan membebankan pajak tinggi pada mobil-mobil hasil produksi Meksiko yang dijual di Amerika.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY