Takut Salah Lagi, Toyota Menunggu Trump Dilantik Dulu

Takut Salah Lagi, Toyota Menunggu Trump Dilantik Dulu

275
0
BERBAGI
Sejumlah kebijakan Trump dinilai memberatkan kalangan industri (foto : Locker Down)

Setelah diancam oleh Trump gara-gara Toyota berencana membangun pabrik baru di Meksiko beberapa hari yang lalu, kini Presiden Toyota Motor melontarkan pernyataan kalau mereka saat ini masih belum mengutak-atik produksinya di Meksiko. Mereka lebih memilih menunggu sebelum mengambil keputusan, setidaknya sampai pelantikan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) bulan ini. Hal yang sama juga dilakukan oleh Honda Motor karena mereka takut salah langkah.

Produsen mobil di AS saat ini memang sedang ketar-ketir menunggu kebijakan dari Trump, apalagi yang memproduksi mobilnya di Meksiko karena saat ini mendapat tekanan lebih dari Trump. Contoh nyatanya seperti Ford yang sudah membatalkan rencananya ekspansi di Meksiko, dan membatalkan pembangunan pabriknya. “Kami akan mempertimbangkan pilihan kami, karena kami masih melihat kebijakan apa yang akan keluarkan oleh Presiden AS,” ujar Akio Toyoda, Presiden Toyota.

Produksi Honda Bukan untuk Amerika Serikat

Tiga produsen mobil Jepang, Toyota, Honda dan Nissan Motor, memiliki fasilitas produksi yang baik di AS dan Meksiko. Sementara Toyota dan Honda juga memiliki pabrik di Kanada. Banyak kendaraan yang diproduksi di Meksiko dan Kanada yang diekspor ke AS, pasar terbesar untuk mobil merek Jepang. Walau begitu, CEO Honda, Takahiro Hachigo mengatakan, “Kami memproduksi mobil di Meksiko untuk pasar Amerika Utara dan termasuk Eropa. Kami sampai saat ini tidak memiliki rencana untuk mengubah rencana itu.”

Produksi Toyota di pabriknya di Baja, Meksiko sementara ini tetap berjalan sembari menunggu Trump dilantik (foto : Autonews)

Honda saat ini memiliki dua pabrik mobil yang berlokasi di Celaya dan Guadalajara, Meksiko. Pabrik ini memproduksi sekitar 260.000 mobil dan 100.000 sepeda motor per tahun. Sedangkan Nissan, mampu memproduksi sekitar 800.000 kendaraan di tiga pabriknya di Meksiko, hampir setengah dari volume tersebut dijual di Amerika Serikat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY