Mobil LCGC Masih Punya Peluang Izin Menjadi Taksi Online

Mobil LCGC Masih Punya Peluang Izin Menjadi Taksi Online

338
0
BERBAGI
Apakah PM-32 akan segera direvisi? (Foto: Moneter)

Menjelang penghujung tahun 2016 kemarin, masih segar dalam ingatan kita tentang kontroversi pelarangan mobil jenis LCGC (Low Cost Green Car) untuk digunakan sebagai taksi berbasis aplikasi yang tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan No 32 Tahun 2016. Memang pemerintah tidak serta-merta menyebutkan mobil LCGC sebagai jenis kendaraan yang dilarang, namun aturan minimal kubikasi mesin yang harus 1.300 cc ke atas jelas membatasi gerak mobil LCGC yang maksimal kubikasi mesinnya 1.200 cc.

Peraturan tersebut membuat banyak pengemudi taksi online protes, terutama yang menggunakan mobil jenis LCGC sebagai kendaraannya. Dengan pelarangan itu, otomatis mereka tidak bisa beroperasi kecuali mengganti mobilnya dengan jenis yang sesuai regulasi. Pemerintah pun akhirnya berencana untuk meninjau kembali, atau bahkan merevisi peraturan tersebut.

Sedang dalam Proses

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pudji Hartanto, menjelaskan bahwa saat ini Kementerian Perhubungan tengah memproses revisi terkait Peraturan Menteri Perhubungan No 32 Tahun 2016. Nantinya, pada peraturan terbaru diharapkan ada penurunan kubikasi kapasitas mesin yang diperbolehkan.

PM 32 yang melarang mobil dibawah 1.300 cc beroperasi sebagai taksi online menuai kecaman dari para pengemudi taksi online (Foto: mobilinanews)

Menurut Pudji, pihaknya telah menampung tanggapan dan saran terkait hal ini. Bila persyaratan-persyaratan bisa diakomodir, kemungkinan besar pembatasan mesin untuk taksi online bisa turun hingga 1.000 cc. Namun untuk pendapat finalnya bisa turun atau tidak, tentu masih menunggu keputusan.

Keputusan di Akhir Bulan

Jika revisi PM-32 jadi diturunkan, maka mobil LCGC kembali bisa beroperasi sebagai taksi online (Foto: poskota)

Untuk keputusan finalnya, Pudji mengatakan bahwa revisi terbaru akan dikeluarkan dalam waktu dekat. Dirinya memperkirakan setidaknya pada akhir bulan Januari ini revisi PM-32 sudah beredar. Jika akhirnya diputuskan kubikasi minimal bisa turun di angka 1.000 cc, maka mobil LCGC dipastikan bisa kembali melenggang di jalanan sebagai taksi online.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY