Persaingan Teknologi Autonomous akan Segera Dimulai!

Persaingan Teknologi Autonomous akan Segera Dimulai!

250
0
BERBAGI
(foto : the Motor Report)

Pengembangan teknologi pada kendaraan di jaman yang modern seperti sekarang ini merupakan hal yang sangat mutlak untuk dilakukan para produsen. Salah satu teknologi yang sedang banyak dilirik untuk dikembangkan adalah teknologi autonomous (otonom) yang membuat mobil bisa mengendalikan dirinya sendiri. Teknologi yang merupakan kombinasi dari mesin, komputer, elektronika, dan internet ini merupakan lahan yang tidak bisa dikerjakan satu pihak saja, tetapi harus melibatkan banyak pihak.

Tidak hanya pihak dari kalangan automotif saja yang bernafsu mengembangkan teknologi ini, tetapi juga ada beberapa perusahaan elektronik hingga penyuplai komponen untuk komputer turut ambil bagian dalam menciptakan mobil otonom ini. Itulah kenapa perang teknologi ini menjadi sangat ramai, karena banyak pihak yang ikut bermain.

Harus Berani Uji Coba

Proses penelitian dan pengembangan tentu saja memerlukan uji coba. Uji coba mobil otonom ini tentu saja harus dilakukan di jalanan umum, karena nantinya penggunaan mobil otonom ini memang untuk jalanan umum. Beberapa saat yang lalu memang mungkin masih banyak produsen yang takut melakukan uji coba di jalanan, terkait masalah ijin dan keamanan objek uji cobanya, tetapi kini beberapa produsen mobil sudah berani melakukan pengujian di jalan umum. Salah satu pihak yang sudah berani melakukan uji coba ini adalah Volvo.

Volvo XC90, mobil otonomos pertama dari Volvo (foto : Auto Evolution)

Mobil itu boleh dinaiki oleh warga yang sudah ditentukan melalui seleksi. CEO Volvo Cars America, Hakan Samuelsson mengungkapkan ini merupakan hal penting untuk merangkul masyarakat umum dalam pengujian mobil otonom. “Jika mobil ini dikomersialkan maka harus menjadi produk yang berkualitas dan dapat dipercaya,” katanya. Volvo saat ini sudah memilih 100 keluarga pertama yang akan menggunakan mobil otonom di Gothenburg, Swedia, pada tahun ini. Ada 100 mobil SUV XC90 yang siap dioperasikan. Pengujian dimaksudkan untuk mengetahui saat apa saja orang men-setting mobil bisa berkendara sendiri dan apa saja yang mereka lakukan di dalam mobil saat kendaraan melaju sendiri. Selain di Swedia, Volvo juga akan menguji mobil-mobil otonomnya di Inggris, China, dan Amerika Serikat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY