Siapa yang Akan Jadi Produsen Mobil Pedesaan?

Siapa yang Akan Jadi Produsen Mobil Pedesaan?

515
0
BERBAGI
Mobil pedesaan hasil inovasi Universitas Negeri Semarang (Foto: Dikti)

Pemerintah tengah menyiapkan program mobil pedesaan yang rencananya akan segera diperkenalkan pada tahun ini. Sejak bulan Desember lalu, perlombaan mengenai calon desain mobil pedesaan telah dilakukan dan akan kita lihat wujudnya pada bulan Agustus mendatang.

Selain urusan desain, platform dan mesin yang akan digunakan juga menjadi pertimbangan tersendiri. Saat ini, pemerintah berencana untuk menggandeng sejumlah pihak, mulai dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Universitas, hingga lembaga penelitian. Meski dikembangkan oleh pihak lain, lisensi platform nantinya akan dipegang oleh pemerintah.

Ketentuan Mobil Pedesaan

Kementerian Perindustrian menyatakan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan berbagai ketentuan khusus yang wajib dipenuhi perusahaan peserta yang tertarik untuk menjadi pengembang atau bahkan produsen mobil pedesaan.

Daihatsu F-Concept, salah satu contoh konsep mobil pedesaan yang muncul di IIMS 2010 (Foto: Tribun)

Sejumlah syarat penting telah ditetapkan, seperti misalnya proses produksi yang harus dilakukan secara lokal dengan  pemilik lokal. Pada dasarnya, pemerintah mengharapkan bahwa proyek mobil pedesaan akan dipegang sendiri oleh anak bangsa. Meski begitu, pemerintah tidak menutup kemungkinan untuk mendapat bantuan dari pihak lainnya karena sampai saat ini, komponen mesin dan transmisi masih belum ada di dalam negeri.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY