Corolla Altis Manual Khusus untuk Indonesia

Corolla Altis Manual Khusus untuk Indonesia

692
0
BERBAGI
(foto : Indian Autos Blog)

Toyota Corolla Altis versi terbaru sudah resmi diluncurkan di Indonesia oleh PT Toyota Astra Motor Senin, 16 januari 2017 kemarin. PT Toyota Astra Motor memberi pilihan dua varian trasnmisi, manual dan otomatis, dan usut punya usut, ternyata Altis versi manual ini hanya dikeluarkan di Indonesia saja. Hal ini ditegaskan oleh Product General Manager Completly Buildup PT Toyota Astra Motor, Bansar Maduma. “Di Thailand enggak ada lagi manual. Ini memang khusus untuk permintaan pasar di Indonesia, di sana enggak ada manual kita doang yang ada manual,” ujarnya.

Kenapa Toyota Astra Motor menghadirkan versi manualnya? Hal ini ternyata didasari oleh adanya pembelian borongan dari perusahaan, oleh karena itu versi manual dihadirkan di Indonesia. “Penginnya Altis tapi yang pakai driver. Nah kadang-kadang perusahaan juga ngasih policy, ya sudah berikan manual. Karena itulah kita masih keep yang manual,” terang Bansar. Selain transmisi, Toyota Altis Indonesia yang baru saja meluncur juga mempunyai beberapa perbedaan dengan yang diluncurkan di Thailand. Bansar menambahkan, “Spesifikasi untuk detailnya berbeda sesuai dengan keperluan di Indonesia. Kayak misalkan di Thailand itu ada 6 grade kita cuma 2 grade. Mungkin grade-grade, kalau misalkan grade V di sana berbeda dengan grade V di sini,” ucap Bansar.

Fitur Keamanan Tetap Maksimal

Perbedaan yang ada pada Altis Indonesia memang betul ada, tetapi untuk fitur keselamatan, tetap yang utama. Misalnya pada sektor pengereman, tetap ada fitur ABS+EBD+BA. Bedanya jika di tipe V semua sistem pengereman sudah memakai disc brake, sedangkan tipe G hanya dua roda saja yang memakai disc brake, selebihnya tromol.

Perbedaan yang ada di Altis Indonesia dan Altis Thailand hanya sedikit saja (foto : Kompas / Donny A)

Untuk fitur keamanan yang lain, kedua tipe ini memiliki spesifikasi yang sama, yaitu 7 airbag, Isofix dengan tether anchor, seatbelt, ensure maximum braking safety, rear parking sensor, alarm system, dan vehicle stability control. Lalu untuk Altis tipe V mendapat tambahan emergency braking signal. Kedua kendaraan ini juga memiliki dimensi yang sama, kedua tipe ini sama-sama memiliki panjang 4.620 mm, lebar 1.776 mm, tinggi 1.460 mm, wheelbase 2.700 mm. Untuk beratnya, tipe V memiliki berat 1.270 kg, sedangkan tipe G memiliki berat 1.250 kg.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY