Setelah Toyota dan Ford, Sekarang Giliran BMW yang Diancam oleh Trump

Setelah Toyota dan Ford, Sekarang Giliran BMW yang Diancam oleh Trump

766
0
BERBAGI
(Foto: Ilustrasi siluet BMW i8 - Getzene)

Presiden Amerika yang baru tampaknya tidak main-main dengan lapangan pekerjaan yang ada di negaranya. Seperti yang kita tahu, salah satu sektor industri yang sudah kena semprot akibat membangun pabriknya di luar Amerika kemudian memasarkan produknya di Amerika adalah Industri otomotif. Beberapa pabrikan besar bahkan mengurungkan niat untuk membangun pabriknya di Meksiko gara-gara sudah kena gertak Trump: Toyota, General Motors, dan Ford.

Lalu setelah ketiga pabrikan ini, giliran BMW yang sekarang mendapat ancaman dari Trump. Pemerintahannya akan mengenakan pajak masuk 35% terhadap mobil BMW yang diproduksi di Meksiko. Hal itu diungkapkan Trump dalam wawancara dengan surat kabar Jerman, Bild, yang diterbitkan pada Senin, 16 Januari 2017.

Harus Bangun Pabrik di AS

Trump setengah mengeluh dengan rencana pembangunan pabrik BMW di Meksiko, karena menurut Trump, orang Amerika banyak membeli mobil-mobil buatan Jerman, tapi sebaliknya orang Eropa tidak banyak yang membeli mobil-mobil Amerika. Ia menyebut banyak mobil-mobil Mercedes Benz yang hilir mudik di New York, jadi menurutnya hal itu justru tak imbang. Oleh karena itu Trump mengharuskan BMW untuk membangun pabriknya di Amerika agar Amerika bisa mendapat untung dari investasinya, dan membuka lapangan pekerjaan baru.

Ancaman ini tentu saja hanya dilatarbelakangi oleh tujuan bisnis saja (foto : Handelsblatt)

Sebelumnya, juru bicara BMW menyatakan bahwa pabrik BMW di San Luis Potosi, Meksiko, akan memproduksi Seri 3 mulai 2019. Mobil entry level itu akan diekspor ke berbagai negara. Selain di Meksiko, BMW juga memproduksi Seri 3 di Jerman dan China.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY