Airbag Takata Sebabkan Pengendara Honda Cedera

Airbag Takata Sebabkan Pengendara Honda Cedera

286
0
BERBAGI
(Foto: Youtube)

Masih ingat kasus recall yang disebabkan oleh airbag Takata tahun lalu? Kasus ini menimpa beberapa pabrikan mobil dunia yang menggunakan perangkat airbag dari Takata. Ada beberapa macam cacat yang terdapat pada airbag Takata, salah satunya adalah air inflator. Kerusakan ini menyebabkan airbag tidak dapat mengembang sempurna saat mobil mengalami kecelakaan.

Setelah beberapa bulan berlalu, tidak lagi terdengar kasus yang melibatkan Takata. Walau begitu, ternyata kasus airbag Takata belum selesai. Reuters baru saja memberitakan bahwa airbag tersebut kembali melukai korban pengguna mobil Honda. Lewat berita yang ditayangkan oleh Reuters, Honda Motor mengatakan bahwa airbag buatan Takata pecah di salah satu mobil Honda di Jepang. Peristiwa ini mengakibatkan penumpang Honda mengalami cedera.

Airbag Penumpang Honda Fit

Kecelakaan yang melibatkan airbag Takata ini disebutkan Honda terjadi pada airbag di sisi penumpang. Model mobil yang mengalami kecelakaan ini adalah Honda Fit, yang tidak lain dan tidak bukan adalah model Jepang dari Honda Jazz. Airbag tersebut pecah dengan kekuatan berlebihan, sehingga memuntahkan pecahan logam ke dalam mobil dan mengenai kaki pengemudi Honda Fit. Korban mengalami luka ringan di bagian kakinya.

CEO Takata Shigehisa Takada saat mengumumkan niat untuk mengundurkan diri dari jabatannya akibat kasus airbag (Foto : Reuters)

Kasus airbag Takata ini memang sudah lama melanda. Setidaknya sudah ada 16 korban tewas dikaitkan dengan kasus airbag Takata ini. Mobil-mobil yang terkena kasus Takata ini juga sudah mendapat undangan recall dari APM-APM yang bertanggung jawab, tapi mungkin saja undangan recall ini tidak direspon baik oleh para pemilik mobil. Takata diberitakan juga sudah mengakui kasus-kasus airbag ini dan bersedia membayar denda total senilai US$ 1 miliar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY