Mobil Listrik di Rally Dakar Berhasil Finish!

Mobil Listrik di Rally Dakar Berhasil Finish!

412
0
BERBAGI
(foto : Acciona)

Kabar baik tentang teknologi mobil listrik kembali muncul. Kali ini datangnya bukan dari aspal mulus jalan raya, melainkan dari trek tanah kotor namun bergengsi, Reli Dakar. Kompetisi yang berbentuk reli ini sudah tidak diragukan lagi kebesaran namanya. Oleh karena itu, jika bisa memenangkan perlombaan ini, maka nama pembalap dan team pun akan mencuat ke permukaan dunia balap internasional.

Tahun ini ada sebuah kejutan yang digagas oleh sebuah team yang berasal dari Spanyol. Mereka tidak lagi mengunggulkan mesin bensin maupun mesin diesel untuk balapan ini, namun menggunakan mesin listrik! Lebih mengesankan lagi, pembalap dari team ini akhirnya mampu menyelesaikan semua etape dan berhasil finish. Mobil yang bernama Acciona 4×4 ini berhasil menempuh jarak sejauh 482 Km dengan total 12 etape.

Mesin Listrik Bertenaga Besar

Mobil yang dibekali motor listrik sebagai penggerak mobil satu-satunya ini, secara tertulis memiliki tenaga total hingga 340 Hp. Untuk menyuplai tenaga listriknya pada baterai lithium digunakan enam modul pengisian tenaga ultra cepat. Selama melakukan perjalanan, pembalap Ariel Jaton mengaku bahwa ia tidak menemukan masalah pada mobil dan mampu bersaing dengan pembalap lainnya yang masih menggunakan mobil konvensional. Namun Jaton mengungkapkan faktor cuaca yang dinilai mempengaruhi kondisi fisik pembalap.

Tidak seperti mobil listrik lain yang terlihat futuristik, mobil reli ini terlihat menyenangkan dan tetap enak dipandang (foto : Acciona)

Reli Dakar tahun 2017 ini menempuh jarak cukup panjang dan menyusuri jalan beberapa negara seperti Amerika Selatan, Paraguay, Bolivia, dan Argentina. Seperti yang kita tahu, dari pengalaman yang lalu Reli Dakar adalah kompetisi reli paling ekstrim di dunia, tidak jarang kompetisi ini memakan korban jiwa selama event berlangsung. Maka tidak heran jika kompetisi ini menjadi sangat bergengsi dan ditunggu-tunggu oleh para pabrikan juga team-team balap besar dunia.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY