Dua Tahun Lagi, Mobil Dilarang Masuk ke Kota Madrid

Dua Tahun Lagi, Mobil Dilarang Masuk ke Kota Madrid

484
0
BERBAGI
(foto : the Wrong Way Home)

Kota-kota di negara Maju sudah mulai giat menggalakkan pengurangan polusi udara di kawasannya. Masalah emisi kendaraan menjadi salah satu perhatian khusus, karena sudah menjadi penyumbang terbesar polusi udara. Salah satu negara yang lumayan perhatian pada rencana ini adalah Sanyol. Dengan didukung oleh Wali Kota Madrid, dalam waktu dekat ini Madrid akan melarang kendaraan bermotor untuk masuk pusat kota.

Sebelum ini, Madrid sudah menegaskan akan melarang kendaraan diesel masuk ibu kota, namun pada 2019 kebijakan baru akan dikeluarkan, bahwa semua kendaraan bermotor milik pribadi juga akan dilarang masuk. Wali Kota Madrid, Manuela Carmen, saat diwawancarai salah satu stasiun radio lokal, mengungkapkan kendaraan pribadi akan dilarang melewati pusat ibu kota pada tahun 2019.

Tidak Bersifat Mengikat

Dari kebijakan tersebut, diharapkan dua tahun ke depan sudah tidak ada lagi mobil pribadi yang ada di pusat Kota Madrid dan hanya penduduk lokal saja yang akan diberikan hak parkir. Namun kebijakan tersebut tidak mengikat, karena pada jam kerja, kendaraan pribadi yang memiliki emisi rendah diperbolehkan masuk pusat kota. Nantinya, pemerintah setempat akan menyiapkan moda transportasi umum bagi masyarakat yang bekerja di pusat kota.

Sebelum ini, Madrid dan beberapa kota di Eropa lainnya sudah menerapkan Low Emission Zone di beberapa ruas jalan di kotanya (foto : EUobserver)

Carmena mengungkapkan bahwa kebijakan yang dibuatnya dinilai radikal dan akan menjadi yang pertama untuk sebuah kota besar di Eropa selain untuk mengurangi tingkat polusi di Kota Madrid. Jika kebijakan seperti ini diterapkan di kota besar di Indonesia, apa jadinya ya?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY