Mazda Janjikan Mesin SkyActiv Baru yang Lebih Efisien

Mazda Janjikan Mesin SkyActiv Baru yang Lebih Efisien

645
0
BERBAGI
Ilustrasi mesin SkyActiv pada mobil Mazda (Foto: Ototaiment)

Mesin SkyActiv milik Mazda dikenal sebagai salah satu mesin yang mumpuni, baik dari performa maupun efisiensi bahan bakar. Meski begitu, Mazda tidak mau berpuas diri dan berniat untuk lebih menyempurnakan lagi kehebatan mesinnya ini.

Untuk generasi terbaru mesin SkyActiv, Mazda bahkan berani menjanjikan performa dan konsumsi bahan bakar yang super-efisien. Nantinya, mesin SkyActiv 2 diklaim memiliki emisi 30 persen lebih rendah dibandingkan mesin yang sekarang. Efisiensi bahan bakar pun meningkat hingga mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar 30 kilometer per liter.

Sistem HCCI

Kehebatan mesin SkyActiv 2  tersebut didapatkan dari penggunaan sistem Homogenous Charge Compression Ignition (HCCI) yang terbilang merupakan sistem yang rumit untuk dipakai pada mesin mobil. Selama ini, HCCI lebih sering digunakan pada proyek eksperimen beberapa pabrikan, namun sangat jarang dibawa ke model produksi.

Ilustrasi sistem HCCI (Foto: MIT)

Cara kerja sistem HCCI adalah dengan mengompresikan campuran bensin dan udara di dalam silinder hingga menyatu, bukannya menggunakan busi. Metode ini umumnya membuat mesin bensin bekerja dengan proses yang sama seperti mesin diesel.

Perdana di Mazda3 2018

Mazda mengatakan bahwa SkyActiv 2 dengan sistem HCCI kemungkinan baru bisa diterapkan perdana pada generasi baru Mazda3 yang rencananya meluncur tahun 2018 dengan mesin Skyactiv-G Generation 2. Tak hanya itu, sistem HCCI kabarnya juga tengah dikembangkan untuk calon mesin rotary terbaru Mazda.

Konsep Mazda3 2018 (Foto: automotivewatch)

Langkah Mazda mengadopsi sistem HCCI pada mesin SkyActiv sebenarnya bukan hal baru, karena sejumlah pabrikan lain seperti General Motors, Mercedes-Benz, Volkswagen, Hyundai dan Honda juga pernah melakukan serangkaian percobaan dengan sistem ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY