Belum Penuhi Standar Euro 5, Masa Depan Suzuki APV Suram

Belum Penuhi Standar Euro 5, Masa Depan Suzuki APV Suram

733
0
BERBAGI
(foto : Suzuki Australia)

Walau sudah lama tidak terdengar kabar beritanya, di beberapa kota di Indonesia Suzuki APV masih menjadi salah satu pilihan utama untuk mobil keluarga. Sayangnya, setelah keluarnya APV Arena, mobil van ini tidak mendapat peremajaan lagi terutama di sektor mesin. Sama dengan APV buatan Indonesia yang dipasarkan di Australia, karena hingga saat ini belum ada modernisasi mesin, APV terancam tidak boleh dipasarkan lagi di Australia mulai tahun 2018 nanti. Kenapa?

Hal ini terkait dengan regulasi di Australia yang mengharuskan mobil baru memiliki standar mesin Euro 5. Sedangkan APV hingga saat ini tidak memenuhi peraturan emisi kendaraan itu. Padahal mobil ini kabarnya cukup laris di kota-kota besar Australia karena banyak dipakai oleh perusahaan sebagai armada untuk mengantar paket atau barang. Suzuki APV di sana menggunakan mesin bensin 1.600 cc bertenaga 91 Hp dan torsi 127 nm. Menurut data, konsumsi bahan bakar APV mencapai 8,2 liter per 100 kilometer dan menghasilkan CO2 190 gram per km. Angka itulah yang disebut tidak memenuhi peraturan undang-undang tentang Emisi Euro5.

Berhenti Memesan APV Indonesia

Menanggapi hal ini, kemungkinan besar Suzuki Australia tidak akan lagi memesan APV yang diproduksi di Indonesia itu. “Kami sedang melihat pilihan lain, van lainnya. Saat ini tidak ada APV yang tersedia dan memenuhi persyaratan emisi. APV baru bukanlah prioritas utama kami, karena perusahaan saat ini tengah fokus pada mobil seperti new Ignis, Vitara, dan all new Swift,” kata General Manager Suzuki Australia, Andrew Moore. Tetapi walau begitu, Andrew tetap berharap bahwa APV bisa mendapat pembaruan terutama di sektor mesin.

APV lebih banyak dipakai perusahaan-perusahaan di Australia sebagai kendaraan pengantar barang (foto : Suzuki Australia)

APV yang beredar saat ini memang tidak memiliki fitur keselamatan yang lengkap, walau memang di seri tertingginya sudah terdapat airbag. Tetapi karena APV difokuskan untuk segmen komersial, maka peraturan untuk fitur keselamatan tidak begitu ketat, berbeda dengan mobil penumpang. Di pasar Australia, Suzuki bersaing dengan model van lainnya, seperti Volkswagen Caddy dan Renault Kangoo. Sebelum APV ini, Nissan juga terpaksa menghentikan pemasaran Patrol di Australia karena mesinnya juga belum memenuhi standar bahan bakar Euro5.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY