Subaru akan Bangun Pabrik di Thailand, Serius Garap Pasar Asia Tenggara

Subaru akan Bangun Pabrik di Thailand, Serius Garap Pasar Asia Tenggara

321
0
BERBAGI
Ilustrasi perakitan Subaru (Foto: YouTube)

Pabrikan mobil legendaris asal Jepang yang kondang performanya di dunia reli internasional, Subaru tampaknya ingin serius menggaraop pasar Asia Tenggara. Hal ini terlihat dari niat Fuji Heavy Industries (FHI), produsen Subaru, yang berencana untuk membangun basis produksi di Thailand. FHI masuk dalam kesepakatan dasar dalam mendirikan usaha patungan dengan TC Manufacturing and Assembly Thailand (TCMA TH), yang merupakan anak perusahaan dari Tan Chong International Limited (TCIL).

Kesepakatan yang akan ditandatangani bulan depan ini mayoritas sahamnya akan dimiliki oleh TMCA TH dengan besaran sejumlah 74,9%. Lalu Fuji Heavy Industries memiliki sisanya yaitu sebesar 25,1%. Diperkirakan Subaru mulai memproduksi mobil Forester di Thailand pada 2019 mendatang dengan perkiraan 10.000 unit mobil yang akan diproduksi.

Sudah Ada di Malaysia

Saat ini, basis produksi Subaru di Asia Tenggara berada di Malaysia. Pabrik Subaru di Malaysia saat ini memproduksi Subaru XV dan Forester. Subaru mulai memproduksi mobil XV sejak 2012 dan Forester sejak 2016. Nanti saat Forester mulai diproduksi di Thailand, Subaru akan menghentikan produksi di Malaysia. Saat ini, mobil yang diproduksi di Malaysia dijual di Malaysia, Thailand dan Indonesia, sedangkan nanti jika mobil Forester sudah diproduksi di Thailand, penjualan tetap akan dilakukan di 3 negara ini.

Forester menjadi salah satu model yang akan diproduksi di Thailand (foto : Car Magazine)

Hmmm, lalu apa kabar dengan Subaru Indonesia? Apakah nanti akan ada pihak baru lagi yang akan menjadi APM Subaru di Indonesia? Atau penjualannya masih tetap akan dilakukan oleh importir umum? Kita tunggu saja kejelasan selanjutnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY