Keluar dari Pakem, Grand Vitara Terbaru Nggak Boleh Main Lumpur

Keluar dari Pakem, Grand Vitara Terbaru Nggak Boleh Main Lumpur

1125
0
BERBAGI
Suzuki Vitara generasi terakhir, tahun 2015 (foto : Netcarshow)

Bagi para penggemar otomotif lawas, pasti sangat familiar dengan nama Suzuki Vitara. Apalagi di tahun 90-an akhir hingga awal 2000, mobil ini lumayan mendapat tempat di hati pecinta otomotif. Berbicara tentang Vitara tentu saja tidak bisa lepas dari dua saudara kandungnya: Escudo dan Sidekick. Ketiga varian SUV dari Suzuki ini lahir di Indonesia pada era yang bersamaan, jadi kadang-kadang orang salah sebut merek mobil ini, karena secara fisik bentuk ketiga mobil ini mirip.

Ketiga mobil ini menempati segmen dan kastanya masing-masing. Vitara adalah SUV sejati yang memiliki penggerak 4WD, mobil ini lumayan banyak digunakan untuk off road oleh team-team kecil atau privateer. Setelah itu, ada Escudo yang dilahirkan untuk mengisi segmen 4×2. Walau dengan bentuk yang masih mirip, Escudo hanya memiliki penggerak 2 roda dan memiliki ground clearance lebih rendah daripada Vitara. Uniknya, Escudo ini malah lebih populer di lintasan drag race daripada lintasan off road. Biasanya, Escudo bersaing dengan Daihatsu Feroza, sedangkan Vitara head to head dengan Taft GT. Nah, lalu yang terakhir, ada Sidekick di kasta terendah. Mobil ini diciptakan untuk melayani para calon pembeli yang naksir Escudo tapi memiliki budget rendah.

Vitara Keluar Jalur

Belakangan ini, banyak beredar bahwa Suzuki kembali akan melahirkan generasi terbaru Grand Vitara, tapi sayangnya, dari informasi yang beredar, pemilik mobil ini nantinya disarankan untuk tidak mengajak Grand Vitara bermain lumpur! Suzuki kabarnya menciptakan mobil ini karena sudah membaca permintaan pasar yang menginginkan softer crossover. Maka dari itu, Suzuki akan menciptakan crossover yang penggunaannya difokuskan pada jalan raya saja, duh!

Suzuki Grand Vitara keluaran 2009 (foto : Netcarshow)

Suzuki Jepang sebenarnya menyelipkan fitur off road pada SUV Grand Vitara, tetapi untuk generasi terbarunya nanti, kemungkinan besar fitur itu tidak ada lagi. Jika memang benar seperti itu, maka Grand Vitara yang terbaru pun akan meleset lumayan jauh dari akarnya, pertama Vitara yang tadinya SUV akan berubah jadi crossover, dan yang kedua Vitara akan alergi jika diajak main kotor-kotoran, tidak jauh beda dengan MPV atau sedan. Yah, jika berbicara masalah pasar, jenis mobil pun hanya akan mengacu pada bentuknya saja, bukan fungsinya.

Fokus pada Penambahan Tenaga

Suzuki menyatakan bahwa sat ini pihaknya memang sedang berencana untuk mengembangkan Grand Vitara generasi terbaru ini. Walau dengan bentuk crossover, Suzuki hanya akan fokus pada penambahan kapasitas penumpang dan tenaga pada SUV itu. “Kami sedang membayangkan Vitara yang ‘dimelarkan’ dengan ruang yang lebih luas dan tenaga menjadi salah satu fokus utama pada Grand Vitara edisi terbaru. Maaf kami belum betul-betul memutuskan apakah New Grand Vitara bakal mengurangi gigi, sepenuhnya off-road, atau gaya Vitara yang ada saat ini,” jelas Suzuki.

Suzuki Grand Vitara keluaran tahun 2013 (foto : Netcarshow)

Bagi para penggemar Vitara di masa lalu, tampaknya harus maklum saat Grand Vitara terbaru ini nanti lahir. Karena model terbaru ini sepertinya memang akan lebih fokus untuk digunakan sehari-hari di jalan raya. Informasi lainnya, generasi terbaru Grand Vitara ini tetap masih akan menggunakan platform Suzuki Global Architechture.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY