Myanmar, Peluang Baru Pemasaran Otomotif di Asia Tenggara

Myanmar, Peluang Baru Pemasaran Otomotif di Asia Tenggara

465
0
BERBAGI
(foto : myanmar.travel)

Myanmar adalah negara di Asia Tenggara yang jarang mendapat perhatian di bidang otomotif. Saat ini, banyak diberitakan bahwa para produsen otomotif mulai melirik pasar besar yang ada di Myanmar dengan peluang pasar sebanyak 55 juta konsumen. Di Myanmar, orang yang memiliki mobil rata-rata hanya 7 dari 1.000 orang. Sebagai perbandingan, di negara tetangganya, Thailand, orang yang memiliki mobil rata-rata mencapai 200 orang dari 1000 orang.

Melihat potensi pasar yang begitu besar, maka tidak heran jika para pabrikan lalu berlomba-lomba untuk mengarahkan bisnisnya ke Myanmar. Sebelum ada dealer, orang-orang di Myanmar selalu membeli mobil bekas dari Jepang, jadi hampir 90% mobil yang beredar di Myanmar adalah mobil bekas. Myanmar menjadi pasar mobil bekas Jepang nomor satu selama tiga tahun terakhir berdasarkan data perdagangan Jepang. Namun, beberapa tahun belakangan ini, Myanmar sudah mulai membuka negaranya pada industri otomotif, sehingga pabrikan mulai membuka dealer-dealer mobilnya di Myanmar.

Setir Kanan, Tapi Jalan di Kanan?

Nah, ada sedikit cerita lucu yang berkaitan dengan kebiasaan menyetir orang-orang Myanmar. Lazimnya, arah lalu lintas dengan orientasi sisi kanan jalan akan menggunakan setir di bagian kiri kendaraan, dan demikian pula sebaliknya. Tapi kebiasaan menyetir di Myanmar berbeda, karena orientasi lalu lintas Myanmar adalah sisi kanan jalan, tetapi karena selama ini mobil yang banyak dibeli adalah bekas dari Jepang, maka posisi setir juga ada di sebelah kanan mobil.

Keadaan lalu lintas di satu kota di Myanmar (foto : adb.org)

Dengan kondisi seperti itu, maka pengemudi akan sulit mengintip kendaraan dari lawan arah ketika akan menyalip kendaraan di depannya, secara teknis, hal itu terdengar sangat berbahaya. Oleh karena hal itu, pemerintah Myanmar pun kemudian membatasi impor mobil bekas dari Jepang, agar para masyarakat membeli produk-produk dari para produsen mobil yang sudah membuka dealer secara resmi di Myanmar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY