Big Three Dipanggil Menghadap Trump, ada Masalah Apa?

Big Three Dipanggil Menghadap Trump, ada Masalah Apa?

462
0
BERBAGI
Detroit Big Three (sumber : Pay 4 Advertising)

Presiden Amerika Serikat yang belum genap seminggu dilantik, Donald Trump sangat concern untuk menggarap lapangan kerja bagi rakyatnya. Satu industri yang mendapat perhatian besar dari Trump untuk menyediakan lapangan pekerjaan adalah industri otomotif. Trump dikabarkan baru saja melayangkan undangan bagi para chief executive officer produsen otomotif lokal atau biasa disebut big three, yakni General Motors, Ford Motor, dan Fiat Chrysler Automobiles (FCA). Pertemuan akan digelar pada hari Selasa, 24 Januari 2017 (waktu setempat) di White House.

Pertemuan tersebut kabarnya bakal membahas seputar permasalahan lapangan pekerjaan. Juru Bicara Gedung Putih Sean Spicer, mengatakan, Presiden akan menerima masukan dari para CEO mengenai bagaimana mengeratkan kerja sama antara kalangan industri dengan pemerintah terkait penyediaan lapangan pekerjaan di sektor automotif. Ini merupakan pertemuan pertama CEO big three dengan Presiden AS setelah Juli 2011 yang membahas target meningkatkan efisiensi bahan bakar menjadi 54,5 mil per galon pada 2025.

Bagaimana dengan Ancaman Trump?

Beberapa saat lalu sebelum dilantik, Trump sempat melemparkan beberapa ancaman kepada beberapa produsen mobil, baik produsen dari Amerika maupun luar negeri. Ford dan General Motors juga termasuk yang menjadi sasaran ancaman tersebut, karena dua perusahaan ini berencana untuk membangun pabrik baru di Meksiko. Ancaman mengenakan pajak impor 35 persen juga dilayangkan ke Toyota Motor dan BMW yang memiliki pabrik di Meksiko.

Padahal bulan April tahun 2016 lalu FCA baru merumahkan 1300 karyawannya di plant Michigan, tetapi sekarang malah mau nambah 2000 karyawan di Midwest. Hmm… (foto : Todayonline)

Sedangkan Fiat Chrysler tampaknya masih aman, karena pada awal Januari lalu mereka mengumumkan rencana investasi 1 miliar Dolar Amerika untuk memodernisasi dua pabrik mereka di Midwest dan merekrut 2.000 tenaga kerja. Selain itu, Fiat Chrysler juga akan memindahkan produksi pikap Ram dari Meksiko ke Michigan. Tetapi tampaknya ancaman Trump membuat takut pihak Ford, karena setelah menghentikan pembangunan pabrik di meksiko, Ford kembali mengumumkan akan membangun fasilitas baru di Michigan senilai 700 juta Dolar Amerika. Begitu juga dengan General Motors yang mengumumkan akan berinvestasi senilai 1 miliar Dolar Amerika di fasilitas produksi di AS. Wah!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY