KIA Siapkan Peluru untuk Hadapi Kebijakan-Kebijakan Trump

KIA Siapkan Peluru untuk Hadapi Kebijakan-Kebijakan Trump

526
0
BERBAGI
(Sumber: KIA)

Semenjak Trump diputuskan menjadi presiden terpilih di Amerika Serikat, para produsen kendaraan lalu sibuk menyusun strategi untuk menghadapi kebijakan-kebijakan baru yang dibuat oleh Trump. Seperti yang kita tahu, Trump membuat kebijakan-kebijakan yang bersifat protektif. Trump akan sangat keras dengan mobil-mobil impor. Hal ini tentu saja menimbulkan kecemasan bagi para eksportir mobil, apalagi dari Asia, mereka takut dengan prospek pasar kendaraan impor di Amerika Serikat.

Misi Trump dengan memberlakukan kebijakan seperti ini adalah karena Trump telah berjanji untuk menghidupkan kembali industri mobil di AS dengan memaksa pabrikan untuk berhenti membuat mobil di Meksiko. Salah satu ancaman yang akan memberatkan bagi para pengimpor mobil adalah dengan manaikkan pajak impor setinggi 35%, lalu menjanjikan insentif menarik bagi perusahaan untuk beroperasi di Amerika Serikat. Ketakutan bisa dirasakan pada pihak Kia Motors, karena tahun lalu Kia Motors baru mulai produksi di pabrik baru di Nuevo Leon, Meksiko. Nah lho!

Masih Banyak Ketidakpastian

Ketakutan yang dirasakan oleh para pelaku industri otomotif ini sebenarnya cukup beralasan, karena sebenarnya masih banyak ketidakpastian pada pemerintahan Amerika Serikat yang baru ini. Trump sendiri masih terlihat labil, belum membuat pasti kebijakan-kebijakan apa yang akan diterapkannya. “Kami mengakui bahwa ada banyak kekhawatiran tentang ketidakpastian yang berasal dari pemerintahan AS yang baru. Sambil memonitor arah kebijakan kami sedang mempersiapkan langkah-langkah antisipasi,” kata Han Chun-soo, Direktur Keuangan Kia Motors.

Kia Motors Mexico plant aerial view rendering (Sumber : Kia)

Sebelumnya, Trump telah memperingatkan beberapa pabrikan mobil asal Jerman dan Jepang dengan pajak yang besar jika membuat mobil untuk pasar AS di Meksiko, juga pabrikan asal Amerika yang mendirikan pabrik di Meksiko, yang pada akhirnya semuanya menyerah dan memutuskan untuk mengalihkan investasinya ke Amerika Serikat. Menurut rencana awal, Kia akan memproduksi 250 ribu kendaraan di Meksiko tahun ini dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan di AS sekitar 8% menjadi 699 ribu kendaraan. Untuk diketahui, Hyundai dan Kia bersama-sama menempati peringkat kelima dalam penjualan mobil secara global.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY