PT KTB Belum Rasakan Manfaat Aliansi Nissan-Mitsubishi

PT KTB Belum Rasakan Manfaat Aliansi Nissan-Mitsubishi

675
0
BERBAGI
Aliansi Nissan - Mitsubishi (Foto: kapital-rus)

Seperti yang kita tahu, Nissan dan Mitsubishi telah bergabung menjadi satu aliansi, juga bersama Renault. Sayangnya, pihak PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi di Indonesia merasa belum terasa manfaat afiliasi tersebut di Indonesia. Imam Choeru Cahya, Head of MMC Sales and Marketing Group PT KTB memberikan keterangan, “Terus terang sampai saat ini kami (KTB) belum pernah duduk bersama dengan pihak Nissan. Jadi kami belum ada pembicaraan apa-apa.”

Masing-masing distributor saat ini masih fokus dengan penjualan masing-masing, karena menurut Imam, bagaimana nanti implementasi kerjasamanya di Indonesia masih belum ada keterangan apapun. Untuk menyegarkan ingatan anda, pihak Nissan telah membeli 34% saham Mitsubishi seharga 237 miliar Yen, untuk menyelamatkan Mitsubishi yang kala itu sedang krisis akibat skandal pengujian emisi.

Rencana Bikin Mobil Bareng

Hal yang menarik dari pernyataan Imam ini adalah, bulan lalu, tepatnya bulan Desember 2017, Executive General Manager untuk Marketing Division Mitsubishi Motors Corporation, Osamu Iwaba telah mengatakan bahwa Mitsubihi dan Nissan sudah berencana untuk membuat mobil bersama. Proyek ini dikatakan akan berjalan setelah Mitsubishi menyelesaikan proyek XM Concept-nya untuk pasaran Asia Tenggara.

CEO Nissan Charlos Ghosn (kiri) dan Presiden Mitsubishi Motors Osamu Masuko (kanan) (foto : Nikkei)

Bahkan dikatakan oleh Osamu Iwaba, mobil yang platformnya akan dipakai berdua oleh Nissan dan Mitsubishi itu akan diproduksi di pabrik Mitsubishi di Delta Mas, dan Nissan tidak akan memproduksinya sendiri. Nantinya produk hasil sharing platform ini akan berbeda dari segi desain, baik eksterior maupun interior, namun tetap menggunakan platform yang sama. Lalu untuk masalah penjualannya tetap akan dilakukan sendiri-sendiri.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY